163. Bedah Buku “Da Vinci Code” versi Abe.. ^_^

Jumpa gw lagi B-Readers..

Seperti yg gw bilang kemaren di bawah kalau gw niatan ajak yg laen bahas buku Da Vinci Code yg menghebohkan ini berdasarkan kacamata gw! (inget sekali lagi gw ingetkan kalau ini opini pribadi) jadi kalau B-readers merasa tersinggung, terhina, teros merasa gw merendahkan, MAAF yg gw haturkan TOH gw hanya mengemukakan perasaan gw tentang buku ini, mengemukakan pendapat gw tentang buku ini! Hehe.. sok serius kali ini gw, yang pasti di cover depan buku ini yg terbitan SERAMBI ini ada tertulis MEMUKAU NALAR, MENGGUNCANG IMAN! Wow.. pekik gw jadinya! ๐Ÿ™‚

B-Readers juga pasti GAK heran napa para kardinal di VATIKAN berang, merasa dihina! Salah satu kardinal Tarcisio Bertone, Maret lalu, Mengatakan kalau semua kata dan kalimat dalam buku Da Vinci Code adalah FITNAH dan TIDAK USAH DIBELI! Hmm.. dengan anjuran ini hasilnya malah 25juta kopi terjual diseluruh dunia! Tulisan Dan Brown ini tendensius? Gw GAK berani bilang karena diawal-awal halaman Brown udah bilang ke kita kalau “semua deskripsi karya seni, dan ritus rahasia dalam novel ini adalah akurat!” tuhkan.. JELAS berarti kalau Brown bugil (baca=bule gila) ini juga sudah menelusuri dan mempelajari buku dan dokumen tentang seni itu! Hihi.. betapa mumetnya doi! Betapa banyak yg harus dihapal? Hoahmm.. membayangkan nya aja udah pening gw! Hehe..

Gw pribadi AKUI kalau brown ini pengisah yg baik, pencerita yg baik! Melalui tokohnya pakar simbologi Harvard, Robert Langdon, Brown mengajak pembaca memahami kembali karya-karya Da Vinci yang selama ini SeBeNernya sudah TERAMAT SERING kita lihat TETAPI tidak pernah kita PERHATIKAN! Hehe.. menarik? Whoah.. beneran menarik menurut gw, karena gw jadi searching berulang-ulang di images nya google biar lebih jelas lagi! Ternyata sebagian besar yg Dan Brown bilang (ini tentang karyanya Da Vinci bukan tentang kepercayaannya yah B-Readers) BENAR!

Baiklah B-Readers..
Semisalpun B-Readers BELUM MEMBACA karya Don Brown tentang Leonardo Da Vinci Code ini TIDAK masalah! Yang pasti gw tetap mau bawa B-Readers untuk bedah buku, yah etlis versi gw lah.. =) yang pertama kita bahas adalah KARYA SENI DA VINCI yg disinggung-singgung dalam novel ini :

KARYA-KARYA SENI DA VINCI

1. The Vitruvian Man

Di dalam novel ini ketika Robert Langdon melihat tubuh Jacques Sauniere terbujur kaku membentuk karya da vinci the vitruvian man! Hmm.. gw sebenernya bingung nge-deskripsikan gimana sih karya da vinci yg vitruvian man ini? Ternyata sering kita lihat! Lihat gambar di bawah! Hmm.. gambar inilah adalah gambar manusia utuh yg pertama kali digagas dan dengan berani sekali oleh da vinci! (isu-nya da vinci sempat kena peringatan keras dari pihak gereja karena doi membongkar kuburan dan mengambil mayatnya lalu dipotong-potong untuk mendapatkan deskripsi dan gambar manusia utuh..) hiii.. berani amit yah? Kalau gw pribadi OGAH ah! Mending gw di kasih uang 20 juta dari pada harus membongkar mayat! *sapa aja mau be..

2. Monalisa’s Smile

Deskripsi tentang lukisan Mona lisa yg tersenyum bener-bener gamblang di gambarkan Brown! Hmm.. gw jadi IKUTAN ragu APAKAH MONALISA yg dilukis Leonardo ITU COWOK ATAU CEWEK? Haha.. coba baca halaman 164 Bab 26! Doi bilang sebagai karya seni paling terkenal di dunia TAK ADA HUBUNGANNYA dengan SENYUM-nya yang penuh teka-teki itu! Tak ADA MISTERI sama sekali pada SENYUM-nya itu! Mona lisa terkenal karena Leonardo Da Vinci selalu membawa-bawa lukisan itu ke mana pun dia pergi, dan jika ditanya mengapa begitu, dia akan menjawab bahwa dia sulit berpisah dengan expresi yg begitu agung dari kecantikan seorang perempuan! Bener perempuan ini si mona lisa? ๐Ÿ™‚

lukisan mona lisa! wanita atau pria?

TAPI B-Readers ada lagi yg paling menarik..
Apa itu be? Hehe.. menurut para ahli lukisan Mona Lisa memiliki KELAKAR dari sisi gelap Da Vinci yang tersembunyi! Da Vinci sedang mempermainkan kita yah be? Hehe.. gw gak tau ah.. dan gak mau komentar! Yang pasti menurut dokumentasi buku-buku seni (hehe.. ini gw GAK baca sendiri, Brown yg bilang) sebenernya lukisan itu adalah ambigu dari LAKI-LAKI dan PEREMPUAN? Hihi.. GAK JELAS jenis KELAMINNYA! Kalau dilihat dari kanan si Mona Lisa ini kelihatan feminim, tapi kalau dilirik dari kiri lebih kasar menyosokkan seorang laki-laki, makanya beberapa ahli sejarah mengatakan kalau sebenernya sosok MONA LISA ini TIDAK JELAS kelaminnya! Hehe.. bingung? Samak! Gw juga bingung sendiri! Gw lihat dari kanan sama.. dari kiri sama.. *garuk pala* boong nih da vinci.. boong elo kan nci? (sok manggil akrab geto, cem kenal aja!)

Ehmm.. maaf, tapi sebenernya terbukti juga kalau Da Vinci ini HOMBRENG! (penelitian para ahli sejarah, bukan penelitan gw sendiri hihi) Doi bener-bener memuja KESEIMBANGAN antara jantan dan betina. Dia percaya bahwa jiwa manusia tak dapat diterangi kecuali jika memiliki kedua elemen jantan dan betina itu! GILA? Yah.. doi memang beneran gila dan sableng serta sinting kalau gw fikir! Eh, kembali ke lukisan mona lisa tadi, masalah ke-hombrengan-nya da vinci lah yg menginspirasikan untuk membuat lukisan The Mona Lisa Smile yg kesohor itu menjadi ambigu!

Oh iyah, Kalau semisal B-Readers baca halaman 168, B-Readers pasti juga terpukau ternyata nama Mona Lisa diambil dari ANAGRAM (hehe.. ini kata baru yah? Ilmu susun kata artinya Bros.. Sists..) kata AMON dan L’ISA (dewa dan dewi kesuburan mesir) Klop lah sudah ๐Ÿ™‚

3. Madonna Of The Rocks dan Virgin Of The Rocks

Hmm.. lukisan ini beneran kontroversial sehingga Madonna Of The Rocks diganti menjadi Virgin Of The Rocks yg lebih halus dan sopan! Leonardo Da Vinci ditugaskan sebuah organisasi bernama Confraternity Of The Immaculate Conception, yg diperuntukkan untuk penghias bagian tengah altar berpanel tiga di gereja San Francesco di Milan. Para biarawati memberi gambaran dan tema untuk lukisan itu “Perawan suci Maria, Bayi Yohanes Pembaptis, Uriel, dan Bayi Yesus yang berlindung di dalam sebuah gua” akan tetapi.. yah.. akan tetapi..

madonna or virgin of the rocks?

Walau Da Vinci mengerjakan apa yang mereka minta, namun ketika dia mengirimkan karyanya, kelompok itu bereaksi ketakutan.. kenapa? Hmm..

Lukisan itu memperlihatkan Perawan Suci Maria dalam gaun biru, lengannya memeluk seorang bayi, kemungkinan itu Bayi Yesus. Di depan Maria, duduk Uriel, juga dengan seorang bayi, kemungkinan adalah Bayi Yohanes Pembaptis. Anehnya, tidak seperti skenario biasa, yaitu Yesus MEMBERKATI Yohanes, di sini Bayi Yohanes-lah yang memberkati Bayi Yesus.. dan Yesus tunduk kepada otoritas Yohanes!

Yang lebih mengganggu, Maria menahan satu tangannya jauh di atas kepala Bayi Yohanes dan membuat gerakan mengancam yang disengaja (jemari Maria tampak seperti cakar elang, mencengkeram kepala yang tak terlihat. Akhirnya gambar yang paling menakutkan dan jelas: tepat di bawah jari Maria yang melengkung, Uriel membuat gerakan memotong dengan tangannya) seolah mengiris leher dari kepala tak terlihat dicengkeram Maria itu. (coba liat lengkapnya di hal 192)

Kemudian Confraternity merasa tidak senang atas kegilaan dan kenakalan Leonardo, mereka meminta doi melukis ulang! Hasilnya? Hmm.. Lukisan kedua Madonna Of The Rocks dilukis lebih halus dan semua diatur dengan sikap lebih ortodoks! Versi kedua ini sekarang digantung di London’s National Gallery dengan nama Virgin Of The Rocks!

Gw pribadi sih GAK TAU yg mana yg asli yg mana yg palasu! Hehe.. gw belum liat yg madonna yg mana? Yg virgin yg mana? Gw juga belum pernah ke London’s National Gallery! Ada yg pernah diantara B-Readers sekalian? Hehe.. kalau ada yg pernah, kasih gw dunks dimana bedanya?

4. The Last Supper

Lukisan The Last Supper atau perjamuan terakhir sebeneranya adalah lukisan yg menggambarkan Yesus dan para murid-Nya pada saat Yesus mengumumkan bahwa salah satu dari mereka akan mengkhianati-Nya. Yah.. gw dan B-Readers tau sapa sang pengkhianat itu!

Brown menjelaskan..
Kalau lukisan The Last Supper yang terdiri dari 13 lelaki itu TIDAK semuanya LELAKI! Ada seorang WANITA disana! Maria Magdalena! Wanita yg disamarkan Da Vinci ini memiliki rambut merah, dan duduk tepat di samping sang kristus! Kalau B-Readers baca lagi dan lagi, Kristus yg tidak memiliki pasangan ini diceritakan dalam buku ini memiliki istri dan anak yang masih hidup hingga sekarang, tapi ditutupi oleh pihak gereja! Brown juga mengatakan kalau pihak gereja SENGAJA mendiskreditkan wanita, sehingga peran Maria Magdalena sebagai teman (baca=istri) kristus DITIADAKAN! lagi-lagi apakah ini agitasi? atau ini hasutan? atau mau buat sensasi? Yah.. who knows lah? hidung sapa? hehe.. ๐Ÿ™‚

Istrinya Yesus sapa Be? Hmm.. menurut bukunya Brown ini Maria Magdalena ini adalah “teman” Yesus, dan kata “teman” disini mewakili “istri”! Whoah.. ini bener-bener mengguncang dunia! Membuat gw sampek bolak-balik buku nya ini beberapa kali.. hiii.. seyemm.. kontroversial yg sengaja diciptakan! Mungkin? (look, gw sengaja kasih tanda tanya ๐Ÿ™‚ )

Tambahan..
kemudian yg menarik dari buku “Da Vinci Code” ini adalah faham dan kebenaran tentang OPUS DEI (sebuah organisasi gereja) yang terkadang diperingatkan vatikan tentang kegiatan dan tata cara beragama nya! Penganutnya yg sering salah kaprah memahami.. Penggunaan cillice untuk menebus dosa dan merasakan penderitaan kristus! Ugh.. lagi-lagi ini bukan pendapat gw, ini Brown yg tulis! Gw mah hanya membedah-bedah nya aja, supaya gampang dipahami secara keseluruhan ๐Ÿ™‚

—–oo0oo—–

Baik.. mungkin segitu aja dulu yah B-Readers! Kalau semisal ada yg mau sanggah.. silahkan.. berikan komentar atau URL ke gw, ntar gw cantumkan disini! Hehe.. sekali lagi gw katakan.. Apapun yg dikatakan Brown, janganlah sampai merusak keyakinan dan iman B-Readers sekalian! Lantas ngapain gw buat thread tentang ini di Blog gw? hihi.. masak B-Readers GAK inget yang selalu gw quotekan? “Membaca adalah Hobby dan Menulis adalah berbagi”

Silahkan dikomentari, disanggah, dan dicaci..

– A B E –
*Membaca adalah Hobi..
*Mendengar adalah keharusan..
*Menulis adalah berbagi..
*Keep reading.. Keep Listening.. Keep Writing.. Abe!

Advertisements

136 thoughts on “163. Bedah Buku “Da Vinci Code” versi Abe.. ^_^

  1. 117# Ridhawati Azwardini

    Wah.. saya baru merhatikan! ๐Ÿ˜€

    Komentarnya rekan Ridha puanjang amirr euy. Bisa dibuat jadi satu thread blog sendiri. Thanks yah sudah berbagi disini.

  2. Pingback: Cheap ambein.
  3. biarin al-quran di makan kambing?(tapi kan masih banyak Copyan nya!)=cuma satu versi ini.

    Loh>>kalo injil,sendiri dimakan orang2 yang ga bertanggung jawab!hahahhaa
    ๐Ÿ˜†

    astagfrulahhalaadim !kok gw jadi nafsu gini yah…:roll:

  4. ehhhhhhhhh…………gw suka loh ma crta k’muuuuuw,,,,,tentang the davinci:grin: code…boleh gak gw jd temen crta nya loh.:roll:.?

  5. knp c pd ribut soal agama… klo emg org ksesat tuh g bs kbika mta btinnya y udh biarin j toh tar yg rugi jg mrka sndri. gw dah bca injil, kaga ngung tuh yang pnya ktab… tiap org ngrangnya bda2,,

  6. Sebuah lukisan adalah ekspresi dari seorang seniman pada saat membuat suatu karya seni, bagaimana ia menterjemahkan ide yang ada dalam pikiranya. Disamping itu dipengaruhi pula oleh kondisinya pada saat itu apakah ia sedang gembira, sedih, marah jengkel dan sebagainya.
    Bagi pengamat seni lukis yang suka mengotak atik kata kata, tatapan mata, gerakan bibir, gerakan tangan, warna jubah dsb bisa menimbulkan prediksi yang bermacam macam, bahkan bisa menyinggung SARA.:roll:

  7. Sebuah lukisan adalah ekspresi dari seorang seniman pada saat membuat suatu karya seni, bagaimana ia menterjemahkan ide yang ada dalam pikiranya. Disamping itu dipengaruhi pula oleh kondisinya pada saat itu apakah ia sedang gembira, sedih, marah jengkel dan sebagainya.
    Bagi pengamat seni lukis yang suka mengotak atik kata kata, tatapan mata, gerakan bibir, gerakan tangan, warna jubah dsb bisa menimbulkan prediksi yang bermacam macam, bahkan bisa menyinggung SARA.

  8. Eh Ridha, kalo ngomong ngaca dulu yah…

    Ngaku2 kitab dari Tuhan, eh nyatanya Qur’an pernah dimakan kambing tuh.

    Ngaku2 buat seluruh manusia, tapi tulisannya hanya boleh tulisan cacing…

    Kasian yah kamu Ridha, nyembahnya dzat. Berapa nomor atomnya? Berapa masa atom relatifnya? Masuk Golongan/Periode berapa?

    Ngaca dulu soal agamamu disini:
    http://www.indonesia.faithfreedom.org

  9. Eh Ridha, kalo ngomong ngaca dulu yah…

    Ngaku2 kitab dari Tuhan, eh nyatanya Qur’an pernah dimakan kambing tuh.

    Ngaku2 buat seluruh manusia, tapi tulisannya hanya boleh tulisan cacing…

    Kasian yah kamu Ridha, nyembahnya dzat. Berapa nomor atomnya? Berapa masa atom relatifnya? Masuk Golongan/Periode berapa?

    Ngaca dulu soal agamamu disini:
    http://www.indonesia.faithfreedom.org

  10. leonardo adalah orang yang sangat bersahaja lewat karyanya orang bisa tahu betapa berharganya seni bagi leonardo da vinci:razz:

  11. oiya… ttg opus dei…

    td gw baru liad bukU nya…keberadaan opus dei itu bener ada..tp ga seperti apa yg di deskripsiin ama brown … jd bnyk org mandang negatif opus dei ..pdhl sih katanya ga gt..

    gw baru baca buku nya bagian pedahuluan…hawhwahwa .. cuma mo bagi info ja ^^

  12. hai aLL … lg searching2 buat cari bahan skripsi .. nyasar ke blog ini ..

    sekalian ya numpank bantuin cari ide.. karna abe blg ini topik ga pernah basi.. pas bgt coz gw ambil judul skripsi gw ttg davinci code.. tp lbh ke pengaruh nya terhadap prilaku umat kristiani…

    binun ama teori nyaaaaaaa~ pdhl gw jurusan komunikasi.. bantuin donk ide n masukann nya…n kalo ada kalian yg umat kristiani.. mail gw donk.. mo krm quesitoner buat data..^^

    bwt abe… berkad bedah buku nya … gw jd ga gitu pusink baca novel davinci …

    thx b4~

    GBU aLL

  13. TIPS MENCARI TUHAN YANG BENAR-2 TUHAN
    &
    MEMILIH AGAMA YANG DIRIDHOINYA (DIBENARKAN OLEHNYA)

    1. Kita harus menyadari, mengapa kita perlu mencari Tuhan ?,
    โ€ข Hal ini supaya kita bisa memahami untuk apa kita ada (hidup) di Dunia ini, yang ujung-2-nya sakit, tua, atau akhirnya mati juga, harta kita ditinggalkan untuk yang masih hidup, kok enak yah !, begitu juga ilmu kita (S1, S2, bahkan sampai S3) ikut sirna, tidak bisa copy file di harddisk ataupun ke seseorang.
    2. Bagaimana cara yang benar untuk mencarinya ?
    โ€ข Kita bisa mencarinya melalui buku-2, diskusi, logical, bukti-3 sejarah) dan jangan membatasi diri untuk tidak mempelajari seluruha Agama atau aliran kepercayaan atau keyakinan yang ada dan berkembang saat ini.
    โ€ข Serta berdo`alah agar kita diberikan kemudahan dan petunjukdari NYA.
    3. Ada โ€œfilosofiโ€ atau โ€œHUKUM ALAMโ€ yang kita harus terima, dan itu bisa digunakan untuk mencarinya, antara lain;
    โ€ข Sesuatu mesti ada yang menciptakannya ? (yakini dulu !), seperti mobil, rumah, baju, dll, tidak mungkin ada barang tiba-2 ada dengan sendirinya, seperti Bumi, dan Planet-2 lainnya.
    โ€ข Pencipta mestinya harus ada dulu dari pada yang diciptakan ? (Tuhan lebih dulu ada sebelum adanya Manusia, bumi, jagad raya), tidak setelah ada manusia (+ nabi-2) tiba-2 turun ke bumi dan menampakan atau menjelma menjadi Manusia ?
    โ€ข Pencipta mestinya tidak sama dengan yang diciptakannya (Manusia membuat mobil, tentunya mobil tidak sama dengan Manusia, baik bentuk dan kelakuannya), terima dulu logical ini !.
    โ€ข Jadi Tuhan tidak akan menyerupai yang diciptakannya (sama dengan manusia) ?
    โ€ข Manusia dan semua ciptaannya akan tunduk atau mengikuti HUKUM ALAM, yaitu menempati (ber dimensi) ruang, akan rusak karena waktu (umur) atau mati, dapat dilihat, diraba, atau dirasakan, dan difoto kemudian di up load di WWW), wah kalo Tuhan punya WEB berapa yah hits/day nya ?.
    โ€ข Jadi Tuhan tidak akan mungkin berwujud sama dengan ciptaannya (Manusia). Atau mempunyai sifat-2 yang akan tunduk terhadap HUKUM ALAM tadi.
    โ€ข Tuhan tidak bisa dikategorikan jenis kelaminnya (Gender laki-2 atau perempuan ?), Tuhan Bapak, atau Bapa di Surga ?, Walaupun sebatas sebutan saja, atau untuk memudahkan membayangkan, bahwa Tuhan seperti Bapak baiknya (kelakuan baik dan perannya).
    โ€ข Wujud atau Tubuh Tuhan juga tidak menyerupai Manusia yang mempunyai tangan atau kaki, jadi tidak akan โ€œCAMPUR TANGANโ€ sebagaima Manusia ? dalam asumsi atau harapan kita dalam kehidupan kita.
    โ€ข Tuhan itu maha itu kuasa sekali (absolute atau muntlak tidak ada yang membatasinya), sehingga tidak perlu atau membutuhkan bantuan seperti ada diantara kita yang mengaku jadi โ€œPELAYAN TUHANโ€..
    โ€ข Sifat-2 Tuhan itu tdk akan sama dengan suatu bentu atau manusia, maka Tuhan itu tidak berdimensi waktu atau ruang, maka Tuhan tidak tinggal di syurga ? (Bapa yang tinggal di kerajaan syurga), jadi dimana tempat Tuhan tinggal ?, (mungkin miri Roh kita ada di bagian tubuh mana, Jantung ? Paru-2 ? atau Organ tubah yang lainnya ?.
    โ€ข Secara logika kalau Tuhan (Bapa) tinggal di kerajaan syurga, terus siapa yang akan menunggu (tinggal) di Neraka mengawasi orang-2 yang disiksa ? dan di Bumi ?, bias kabur semua Orang-2 yang ada di Neraka karena tidak ditunggu Tuhannya ?. (masa iyah / Ha ha).
    โ€ข Tuhan itu tidak akan seperti perasaan dan pikiran kita, sehingga Roh Kudus (Tuhan) tidak akan memimpin kemana arah pikiran, hati, perasaan atau tindakan kita, yang ada adalah bagaimana pikiran, hati, dan tindakan kita semata-mata hanya untuk Tuhan (sesuai petunjuknya), jadi Tuhan berada diluar tubuh dan pikiran kita ? (dekat atau jauh tergantung bagaimana kita mendekatkan diri dan pikiran kepadanya.
    โ€ข Secara nalar (logical in healty thinking) setiap orang (barang siapa ?) yang berbuat seharusnya Dia yang bertanggungjawab, mau Dosa atau Pahala, dan tidak mungkin dialihkan kepada Tuhan yg se-akan-2 si PENEBUS DOSA, atau dihapus dengan dengan jalan melakukan pengakuan Dosa melalui Pastor, atau diwariskan kepada anak cucu, jadi Pernyataan โ€œPENEBUS DOSAโ€ apa itu bukan sbg proganda (iklan terselubung) agar menarik Orang mengikuti ajaran. Agama tertentu, bisa dilaporkan ke KPPU ? kalau di Indonesia.
    โ€ข Jangan mengandalkan kemampuan logical (otak), panca indra (mata dll), maupun perasaan kita dalam mencari Tuhan, karena Organ kita mempunyai keterbatasan, sepertinya halnya MATA, mata memandang langit itu berwarna biru padahal langit itu tidak berwarna dan merupakan ruangan yang bolong tidak berbatas dengan benda atau layer.
    โ€ข Seperti hal perasaan bahwa kita, bahwa kita ini tinggal pada permukaan bumi yang datar dan tidak mungkin kita berada di atas kulit bumi yang bundar, padahal kalau kita terbang antar benua baru melihat bahwa kulit bumi itu melengkung, sepertinya sepandai-pandai manusia, manusia tidak pernah mampu melihat bentuk (wujud) ROHnya sendiri seperti apa dan dimana keberadaannya di tubuh kita ?, jadi jangan mengandalkan logika dalam mencari Tuhan, seperti Halnya mengapa kita dijadikan /dilahirkan sbg Orang Jawa, Cina, Bule, dll atau mengapa dilahirkan sbg Laki-2 atau Wanita ? (logika tidak mungkin bias menemukan jawabannya).
    โ€ข Jadi jangan sampai kita memaksakan TUHAN, bahwa Tuhan itu harus nampak wujudnya seperti halnya Manusia atau menyamakan bahwa Tuhan itu juga seperti Manusia, walupun sebagai Anak Tuhan atau Tuhan anak, ada ibunya, Tuhan itu seolah-olah seperti BAPA di kerajaan syurga, walaupun itu mungkin sekedar imajinasi saja untuk memudahkan kita membayangkan atau mempercayainya.
    4. Terus bagaimana Tuhan yang sesungguhnya itu ?
    5. Tentunya Tuhan itu tidak akan menampakan dirinya dan memperlihat pisiknya kepada Manusia (bikin penasaran saja Tuhan ini), logical kita Dunia bisa heboh ? kalo Tuhan sampai menampakan DIRInya, apalagi ber kata-2 (firman) langsung ?.
    6. Seperti Hanyal Roh, setiap Orang pasti (100 prosen) percaya bahwa setiap Orang yang hidup pasti ada Roh di dalam tubuhnya, dan kita tidak pernah tahu bagaimana wujud dan letaknya, walaupun seorang dokter ahlipun pasti tidak akan tahu dimana Ruh (atau ROH) itu berada dalam tubuh kita.
    7. Tuhan telah memberikan Tanda-2 keberadaannya kalo kita mau peduli terhadap Tanda-2 kebesarannya (ke Mahaโ€™an nya) dan asal kita mau mencari melalui cara yang dibenarkan atau diridhoinya., seperti Halnya pada Bumi dan isinya, Planet, dan mengatur semua di orbitnya, ada yang menciptakan dan mengaturnya tidak ? (renungkan dalam dengan hati yang bersih, kesampingkan dulu keyakian Agama kita anut).
    8. Bagaimana cara mencari Tuhan yang benar ? (sesuai dengan diberikan petunjuk olehnya ?).
    9. Setelah mempelajari secara mendalam dan penuh kehati-hatian, melalui Kitab-2 suci tiap-tiap Agama, Bagaimana Ajarannya, Diskusi dengan para pakarnya, akhir saya menemukan bahwa di Al Qur`an, terdapat cara-2 mencari Tuhan yang benar (petunjuknya).
    10. Dalam memahami Makna tiap-tiap kalimat (ayat-ayat), disitu jelas-2 sekali bahwa Tuhan ALLAH itu adalah Tuhan Kita semuanya (Bule, Cina, Negro, Arab, Melanesia, Monggol) dan Al Qur`an diturunkan untuk semua Manusia di Dunia (bukan hanya untuk orang Moeslem atau Islam saja atau orang Arab saja), di Al Qur`an cukup jelas seperti apa Tuhan itu ?.
    11. Begitu juga dalam membandingkan dengan kitab-2 Agama lainnya, betul-2 isinya ber beda sekali dan begitu juga proses turunnya ayat juga juga jauh berbeda, mohon jangan antipati (or negative thinking before) dulu, sebelum membaca dan mendalami maknanya (anggap sbg ilmu pengetahuan aja dulu), betul-2 isinya bukan merupakan pendapat seorang atau kata seseorang (Murid anak Tuhan).
    12. Inilah pengalaman spiritual saya, mudah-2-an Saudara-2-ku bisa memperoleh manfaat dan hikmahnya dari learning point ini, amien yah ROBBAL ALLAHMIEN.

    Semoga Allah merachmati kita semua, amien.
    Wassalam

    Ridhawati
    Flexi; 022 7204941
    E-mail; ridha@telkom.co.id

  14. 113# LaNgiTcerah

    Topik ini GAK bakalan BASI selama masih ada orang yang terus menerus menelusuri kebenaran apa yang dijabarkan oleh Brown di novelnya. Saya pribadi, seperti yg sudah saya jelaskan di atas hanya mengutip apa yg dibilang Brown dinovel Davinci Code. Penalaran sih saya serahkan ke pembaca semuanya ๐Ÿ˜€

    114# Thanks for the link, saya sudah klik!

  15. wow..keten banget bedah bukunya ๐Ÿ™‚
    Thank`s ya…
    aku jadi mikir juga nih, Monalisa cewek apa cowok yak ๐Ÿ˜€
    malahan aku baru sadar kalo ternyata lukisan Monalisa tu ndak sepenuhnya cewek

    Huhuhu…om Leo mang aneh juga, bikin lukisan ambigu gitu.

  16. anu,

    ada yang kurang,

    si Brown pintar membuat novelnya menarik dengan pelbagai data sejarah yang sangat rinci, sehingga kelihatan begitu meyakinkan. Padahal, jika diteliti lebih jauh, ada banyak kesalahan data. Misalnya, menurut Brown, adat Yahudi mengharuskan seorang lelaki dewasa menikah. Mereka yang tidak menikah dianggap terkutuk. Dari situ disimpulkan: Yesus sebagai lelaki Yahudi pasti menikah! Padahal di jaman Yesus ada orang-orang yang tidak menikah. Kaum Eseni, misalnya, hidup selibat untuk melayani Tuhan sepenuhnya. Kelompok ini toh diterima di masyarakat, tidak dianggap terkutuk! Jadi, tidak jadi persoalan jika Yesus selibat. Dan Brown memberi latar belakang sejarah yang keliru.

    Kesalahan data lainnya, misalnya, dilkatakan “lebih dari 80 kitab Injil telah dipertimbangkan untuk masuk dalam Perjanjian Baru, namun akhirnya hanya empat yang masuk dalam Alkitab, yaitu kitab Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes.” Ia menyimpulkan: Alkitab kita telah disensor oleh penguasa saat itu, Kaisar Konstantin, untuk memenuhi ambisi politiknya. Disini Brown menarik kesimpulan yang terlalu jauh. Memang ada kitab-kitab yang tidak masuk dalam kanon Alkitab. Jumlahnya tidak sampai 80, namun hanya belasan. Kitab-kitab tersebut tidak dimasukkan bukan karena kehendak Kiasar Konstantin! Orang kristen mula-mula telah mengakui dari awal keempat Injil dan memakainya secara luas sebagai pegangan ajaran. truz kitab-kitab lain, seperti Injil Thomas, Injil Filipus, atau Injil Yudas sejak semula sudah ditolak oleh orang percaya, karena dikarang oleh pengikut ajaran gnostik Kristen yaitu ajaran yang menghubungkan kekristenan dengan agama-agama alam, Yudaisme, dan filsafat Yunani (kayak kejawen geto) ini sejak semula ditolak. Oleh sebab itu tentu kitab-kitab karya mereka tidak dimasukkan dalam kanon Alkitab.

    Masih banyak lagi isu kontroversial yang diangkat dalam Da Vinci Code. Misalnya, lukisan Perjamuan Terakhir karya Leonardo Da Vinci menurut penafsiran Brown mengandung pesan-pesan rahasia. Figur yang duduk di sebelah kanan Yesus bukanlah rasul Yohanes melainkan Maria Magdalena, karena gambar wajahnya begitu feminin. Brown lupa, bahwa Leonardo Da Vinci memang selalu melukis orang yang karakternya lembut seperti malaikat dengan wajah feminin. Karena Yohanes dijuluki sebagai “murid yang dikasihi Yesus”, Leonardo pun menggambar wajahnya begitu tenang seperti malaikat!

    hm,,,

    ni aku dapet dari
    http://www.gki.or.id/content/doc.php?doctype=N&id=22

    kalo ga menarik ga usah diklik y,,,

    salam

  17. abe, kira2 ni topik dah basi lom?

    hehe,,,

    kebetulan ja, aku dapet blog mu pas lagi nge surf ttg DVC.

    hm,,,

    asli, ak salut abiz ma tu Mr.Brown!
    alurnya keren,,,
    aku ngerasa, bs ikut dalam jalan ceritanya.

    te o pe deh,,,

    tapi yang ak, agak kurang suka itu ya pernyataannya bilang semua yang dia tulis tentang ritus rahasia n deskripsi karya seninya itu akurat.

    coba kamu googling tentang opus dei or priory of zion! ga bener,,,
    trus, yang konyol tu dia bilang di Harvard ada matkul simbologi,,
    hmph,,, as far as i know, ga da tuh matkul simbologi di harvard,,

    daftar pustaka yang dia pake sebagai acuan pun sebagiannya fiktif, bahkan ada orang yang katanya Brown pernah ngasih info buat penulisan ni buku malah ga ngerasa pernah ngomong ma Brown,,

    nah lo,,,

    dari segi kesastraan sih baguz, tapi sayang banyak noda yang buat karyanya tu jadi ga bermutu,

    stuju g?

    truz titip salam buat yang ngisi comment,
    beradab dikit lah tunjukin ma orang kalo agama mu emang bawa damai sejahtera,
    gimana orang mu tertarik belajar agamamu kalo moralmu tiarap,,

    salam,,,

  18. Buat saudara Halee luu yee dan blog diatasnya
    Tutur kata anda tidak mencerminkan tutur kata seorang Muslim.
    Mungkin anda seorang Muslim yang suka mabuk mabukan ( terbukti dari tutur kata anda)
    Dan biasanya orang seperti anda kalau tidak dapat pekerjaan ya masuknya ke FPI, sebagai obat sakit hati bagi orang orang yang tidak punya pekerjaan, larinya ke Jihad.
    Islam itu Rahmat bagi alam semesta, dan orang seperti anda tidak cocok untuk masuk agama manapun, bahkan agama yang oleh orang Muslim dianggap kafir sekalipun. Islam tidak diisi orang-orang seperti anda!
    Bahkan Umar bin Khatab menjadi pelindung bagi umat Nasrani, Itulah Muslim, dengan kebesaran hati menjaga perdamaian>
    Anda berdua apa mau bertemu saya?
    Saya layani sepenuh hati!

  19. Ternyata The DaVinci Code itu idenya berasal dari sekte Luciferian alias pemuja setan alias Lucifer alias Iblis yang udah dikalahkan Yesus ! Baca aja http://www.luciferian.org Situsnya pemuja setan alias lucifer. Jadi, kita tau kan kenapa film itu dibikinโ€ฆ Selanjutnya silakan pikirkan sendiri. Mau percaya setan atau Allah

  20. Eh ngomongin the last supper, aku jadi inget juga…banyak ya yang binguung tu tangan siapa??? dah tentu itu tangan orang yang di Injil Kristen dikatakan Yesus ” yang akan mengkhianatiku ” simbol pengkhianat di kalangan orang Yahudi adalah orang yang memegang pisau secara sembunyi-sembunyi, dan beberapa ahli menyimpulkan bahwa Yudas Iskariot tdak tergambar, karena secara anatomi kedua belas Rasul tidak mungkin memegang pisau itu. Lantas siapa orang disamping Yesus,…..mungkin wanita yang sangat dicintai Yesus,….sang Madonna,….Maria, bukan Magdalena tetapi orang yang lebih dicintai, Maria Ibunya sendiri, semoga kita selalu mencintai Ibunda Kita….amin

  21. Bagaimana kalo ngomongin mobil hibryd???
    or minyak jarak??? penting tuh??? Trus dulu ada orang Ind. yang sempet buat roket mini berbahan bakar…GULAAAA!!!dia juara satu olimpiade riset loh? Internasional lagi!!Kemana tuh orang ya,
    Apa udah diculik pemerintah ya??? Dijadiin agen semacam Mission Impossible-nya Indonesia!!!

  22. Hehe, gw sih mendingan baca bukunya GUSDUR, Soalnya terbukti bahwa GUSDUR lebih pintar dan teliti ketimbang Dan Brown!!! Dan Brown hapal lokasi ma angka phi, tapi GUSDUR hapal
    2000 nomor telepon hayo, n katanya lagi ga Muslim ga Kristen semuanya bisa masuk surga, lebih berani ketimbang Dan Brown kan??? I love this country and the man!!! Ga usah ejek-ejekan, lebih banyak amal ke orang lain aja, toh kita kebanyakan ngikut agama ORTU kita, trus kita ngejek agama lain juga ngikut yang lebih tua……..
    Salam Sejahtera bagi semua agama, n ingat orang yang paling sering kita sebut kafir justru mungkin orang yang telah banyak berbuat kebaikan pada kita, coba selami dari hati…….n ingat HEMAT BBM COI!!!!
    MINYAK HAMPIR ABIS!!!! 10-20 kilo naik sepeda!!!
    Salam damai…

  23. saya belum baca bukunya….tapi apa yang abe ceritain (dari bacaan abe…:mrgreen::mrgreen:)sangat menarik..gile bener nich buku.
    mungkin ini yang membuat kita orang muslim tidak ada yang wajah Nabi Muhammad SAW..karena akan membuat ambigus dalam sejarah, beruntung wajah nabi Muhammad Saw tidak ada yang Tahu, dan sampai sekarang tidak ada yang tahu…sama dengan Dannis cartoon yang coba untuk mengambarkan wajah nabi…akhirnya disuruh minta maaf, kita aja yang muslim ga tahu wajah nabi kita…eeee.. kok mereka yang pinter gambar.. Buku ini penuh Kontroversi….Mungkin ada niat tuk Gali Lebih Dalam, Tidak untuk perbedaan antara kita, Tapi Untuk Ilmu Pengetahuan.

  24. gw dah bc da vinci code, keren abizzzz thuchhh novelnya, buuenner bgt menguncang iman.
    gw minta jg dong e-book yg angels & demon tp versi indonesia gheettoooo. heheh
    Viva Da Vinci:lol::lol:

  25. :evil:salam…lewat ini saya ingin minta bantuan bagi siap yang membaca tulisan ini, saya sangat iintres pada novel davinci code . pernah dikampus habis memaparkan novel ini pada teman2 saya semua mereka tertarik dan dari itu juga saya tertarik untuk mengambil novekl ini dalam skripsi saya nanti,tapi saya belum menemukan versi inggrisnya mohon kasi informasi kalau ada ya..karena dikota kami tidak versi inggrisnya.terima kasih.

  26. :evil:salam…lewat ini saya ingin minta bantuan bagi siap yang membaca tulisan ini, saya sangat iintres pada novel davinci code . pernah dikampus habis memaparkan novel ini pada teman2 saya semua mereka tertarik dan dari itu juga saya tertarik untuk mengambil novekl ini dalam skripsi saya nanti,tapi saya belum menemukan versi inggrisnya mohon kasi informasi kalau ada ya..karena dikota kami tidak versi inggrisnya.terima kasih.

  27. :evil:salam…lewat ini saya ingin minta bantuan bagi siap yang membaca tulisan ini, saya sangat iintres pada novel davinci code . pernah dikampus habis memaparkan novel ini pada teman2 saya semua mereka tertarik dan dari itu juga saya tertarik untuk mengambil novekl ini dalam skripsi saya nanti,tapi saya belum menemukan versi inggrisnya mohon kasi informasi kalau ada ya..karena dikota kami tidak versi inggrisnya.terima kasih.

  28. :evil:salam…lewat ini saya ingin minta bantuan bagi siap yang membaca tulisan ini, saya sangat iintres pada novel davinci code . pernah dikampus habis memaparkan novel ini pada teman2 saya semua mereka tertarik dan dari itu juga saya tertarik untuk mengambil novekl ini dalam skripsi saya nanti,tapi saya belum menemukan versi inggrisnya mohon kasi informasi kalau ada ya..karena dikota kami tidak versi inggrisnya.terima kasih.

  29. :evil:salam…lewat ini saya ingin minta bantuan bagi siap yang membaca tulisan ini, saya sangat iintres pada novel davinci code . pernah dikampus habis memaparkan novel ini pada teman2 saya semua mereka tertarik dan dari itu juga saya tertarik untuk mengambil novekl ini dalam skripsi saya nanti,tapi saya belum menemukan versi inggrisnya mohon kasi informasi kalau ada ya..karena dikota kami tidak versi inggrisnya.terima kasih.

  30. kayaknnya yang last suppr itu gambarnya bukan yang entu yang lain lagi dan perhatikan lah dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya
    gw juga uda baca beberapa karangan Dan Brown dari Digital fortes,angel and demons dan Davinci code semuanya adalah cerita yang gila-gilaan memang beda novelis yang bener2 sama yang bajakan semua novel karangan Dan brown seru abis yakin gak bisa tidur semalaman ngantuk pasti ilang kayak udah minum kopi dua drum yang pasti biarpun banyak kontrofersi tentang Dan Brown tapi gw mengakui keberaniannya dalam mengambil tema yang lain dari yang lain? ych begitu mungkin coba deh kamu baca karangan Dan Brown yang lainnya pasti…?(apa?)

  31. …..Astaghfirullah….orang orang kafir segeralah bertobat, semoga kalian semua diberi rahmat dan hidayah Allah SWT….amin

  32. Ndak usah membandingin smua agama, klo mau. .
    yesus itu terbukti ada, . . .
    Tapi yng nama Pake swa itu kan ndak ada bukti otentiknya
    hanya pesuruh kok di agung kan
    dah gitu banyak istri lagi
    PELER jak dibesarin, manjain . . .
    Kalian semua diboongin pake bahasa Arab,makanya ndak bole pake bahasa indonesia
    padahalkan Tuhan Mengerti semua Bahasa

  33. well…..novel ini begitu cerdas…keren abis….jadi mikir-mikir lagi …”sejarah dibuat oleh mereka yang menang”… kayaknya bener juga deh… sejarah-sejarah yang udah kita tahu sejak lama bisa jadi bukanlah hal yang sebenarnya terjadi….pasti ada tendensi politis.. inget G30S PKI yang masih diperdebatkan? atau detik-detik yang menentukan milik Habibie????
    memang betul alkitab, al quran dan taurat bukan turun dari langit gitu aja…
    jadi… sebagai manusia yang diberkati akal dan fikiran oleh Tuhan… maka hukumnya wajib bagi kita untuk mencari kebenaran tentang Tuhan,, sebagai bentuk syukur kita pada-Nya…
    bagiku … as human.. of course!!! novel Dan Brown memberikan pancingan pada umat manusia bahwa… sekali lagi bagiku as human… sesuatu yang berjudul Tuhan itu tidak mungkin sama dengan manusia…sangat tidak mungkin Sang Pencipta sama dengan mahluk ciptaan-Nya… jika aku seorang muslim โ€ฆ. ketika ada yang melakukan penistaan terhadap Muhammad .. aku akan berfikir positif Muhammad adalah manusiaโ€ฆ segala kelemahan yang dimiliki adalah karena dia adalah manusia โ€ฆ sehingga kita tidak menafikan keberadaan Tuhanโ€ฆ aku cukup beruntung juka aku muslimโ€ฆ karena dengan menyadari Muhammad adalah manusia maka aku menemukan Tuhanโ€ฆ begitu pula jika ketika Isa Al masih dihujatโ€ฆ ya karena aku memandang dia sebagai manusiaโ€ฆ BUKAN Tuhanโ€ฆ
    jika aku seorang nasrani aku akan mencari kebenaran dari alkitab yang aku yakini dan aku percayai… aku tidak akan menolak jika memang temuan fakta yang rasional tentang Tuhan Yesus….karena bagiku …sekali lagi…as human… Tuhan adalah sesuatu yang harus rasional…karena Tuhan bukan manusia… Tuhan berbeda dengan mahluk-Nya… sebagai Tuhan … maka Dia tidak perlu perantara… karena sebagai Tuhan … Dia akan menerima kita, doa kita,,, permohonan kita secara langsung tanpa PERANTARA…. karena sebagai Tuhan Dia harus ada dimana-mana …. di Hati , di hidung , di masjid, di gereja , di wihara,…. dimana kita berada… sekali lagi… karena Tuhan pastilah Zat yang berbeda dengan kita…
    renungkanlah…semua yang ada di jagad raya adalah misteri…. yang masih sedikit kita bedah,,,, berfikir dan bedah semua misteri di alam ini maka engkau akan menemui Tuhan…. bukan temuan dan doktrin turun-temurun dari orangtua dan nenek moyang kita…mari mencoba merenungi dan berfikir…

  34. ehmm..!!dengan munculnya buku Dan Brow,kayaknya sudah banyak membuat kita jd berfikir?!coz,ini merupakan wacana baru bagi kita yg awam!jd…???apa mksud dibalik ini semua?pastinya hrs ada titik terangnya dong!apa ya!?:wink:

  35. :grin:oops::oops::razz::razz::grin::roll::roll::roll::evil::evil::evil::twisted:

    selamat datang akulah yang bernama yesus , orang yang alian sembah sembah . da [ersyaratan naik surga ku . bunuh semua paulaus dan kontolius yang masih hidup. hhhhhhhhhhaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa. atau kalian akan kukencingi. hhhhaaaaa

    :shock::???:
    :evil::oops::razz:

  36. YA…………. YA…………… YA…..
    SELURUH UMAT KRISTIANI YANG SAYA CINTAI
    SEPERTI SAYA MENCINTAI DUIT SAYA YANG KECOPETAN KEMARIN SIANG DI EMPANG DEKAT KUBURAN.
    SAYA SEBAGAI TUHAN YESUS AKAN MENGAMPUNI KALIAN DENGAN SYARAT
    A. CEBOKIN DULU PANTAT GUWE
    B. RIBONDING DULU RAMBUT GUWE…. DAH BANYAK TUMO NIH
    C. COPOTIN SALIB GUWE DULU MASAK SAYA DISURUH NEMPEL DIKAYU TERUS MANG KUNYUK…
    D. BAWAIN GUWE BOKEP YANG TEBARU YA……..
    E. YANG TERAKHIR BAYAR GUWE PAKE CIPOK

    SEMOGA AKU MEMBERKATI HALE AKU

    BY= BUNDA MARIA BUNTING 9BULAN:grin:

  37. hiii

    bkn pusing yaw baca’na panjang banget,,,,
    Tpi gak MENGGOYAHKAN IMANKU!!!
    YESUS bagiKu Tuhan diatas segala Tuhan,,,DIA penyelamat umat’na DARI DULU SAMPAI AKHIR ZAMAN!!!!
    Lok boleh tw km agama apa???blzz yaw…
    GBU,,,

  38. hiii…btw abe poetra tu nama kamu y?
    kamu anak seni lukis y, universitas mn??
    please jwb okkkkkkkkk

  39. ..teman2 tw g cie??
    dari jaman doloe kala…kalo ada orang yang benar pasti bakalan dicari-cari kesalahan’y..pi kalo mang udah salah pasti di biar’in dah.. yaW’da salah lah ngapain juga di bahas… tul g?? hehe…:mrgreen:
    GBU

  40. kalo kita lebih jeli dan teliti lg?!:smile:kita dapat mengambil pelajaran dari buku Da Vinci Code.harusnya kt banyak pertanyaan donk.kenapa Dan Brown nulis buku tesebut,coz hukum sebab akibat hrs berlaku donk!yuk kt telaah lg….
    telepas dr agama kt hrs mencari kebenarannya n pasti ada jwbnyanya..
    buku ini ga nambah bodoh,tp nambah tau kebenaran?!
    abe boleh sharing donk??:smile:

  41. Berargumen sih boleh aja….a ada yang ngelarang kok. tapi hati2 dong dalam menyampaikan argumen, jangan sampai memojokan salah satu agama, ntar jado perang SARA lho!!!!!
    Tuhan Yesus Memberkati

  42. pokokx apapun cerita tentang DA VINCI CODE itu semua g akan menggoyahkan IMAN Ku terhadap YESUS KRISTUS.
    YESUS ITU PENYELAMAT DARI DULU, SEKARANG DAN SAMPAI AKHIR ZAMAN
    I LOVE JESUS

  43. ๐Ÿ˜† AsLii IndonesiA,, KeREn BaNgedH ,, BLOgx,,SamPe2 Yg Bkn UrUsaN km Lho KrItiKin DsiNi,,,:???:
    Tp Gw Jg MsH raGu Sm Si KriStuS itUwww,beNer nGg seCh Yg Di LukiSAn ItuWW ada Si Neng MagDalEna…:roll:

  44. Atu lg.. Be, lo tw DVD COnan d’M0vie slain yg “D’challenge later t0 k.Shnchi” 9k? ky’y cuma satu itu yaAh..???:neutral:

  45. WaDuhh..gw bru Tw BL0g ini BR0..
    IkuTann Ahh!

    Sem0a karya itu pasti berasal dr apa yg lo liat, lo rasa ‘n whatever u kn0w! Namany jg berkArya, gk perlu diyakini, dipercaya. Hanya penting klo qta ikut merasakan karya itu..

    D’VnCi yg gw tw, karya’ny mengusung bnyk misteri :grin::grin: ha..ha..wkt gw nonton DVD’ny yg jdulny……(lupa gw).. dsana ada lukisan d’lastsuper d9n magdalena yg bner” gk ketara bgt cewek Be.. Lukisan itu C0 smw, Lg n9aRiun9 kiTu.. (duh..nteu ngart0S lah!):eek: ๐Ÿ˜Ž

    Eh..Be.. bL0gers da yg Nanya lo suKa komik pa 9k yaaAh…??:razz::grin::grin::grin:

    Blm tw dy Blogk0mik lo yg beJiBun nTuh.. kzh tw lah Bee…:grin:

  46. alooo.. BrO?!
    kereN bgt ya blog lo’.Lo’nasionalis bgtt dech.Tapi yg bkin gw ilfil tu orang2 yg sk jelek2kin agama org lain. Idich..amit2 dech?? NgaCa dulu donG man??
    Lo’ Tu udah paling OK apa??

    Ich..
    daripada lo’ sk bkin byk dosa, lbh baik bertobat mikirin idup lo’ bt lo’ dwee.. ato terlebih bt org lain.
    udah blooom.. ๐Ÿ˜‰
    Makasih ya ” Da VinCi” lo udah bkin byk org berpikir ttg kebenaran YesUs Kristus dimuka bumi. AbouT ajaran Katolik yg mbyuleeT itu jg menjudge dl donk BrO’. oByektif dikit donk?? Pemahaman bs mengetahui Karya Allah lewat Yesus gak bs dimakan mentah2 tp direnungkan scr mendalam lwt bantuan karunia Roh Kudus. Gak tiap orang bs dpt karunia tu..

    klo lo’ pusyingg ya udah dech.. “nikmati aj” tu hak lo’ kan!!
    lbh baik “Yuk Ciptakan Perdamaian” Tul gak Bro’ Penting bgt Tu..
    Gak ada rahasia ampe 2000taon man’.Vatikan asik2 aja tuch!!Emang di garis hidup org kristiani udah digariskan bt trzz dicobai dalam hal iman..
    pilihan bertekun dlm iman atoo tidak..
    seBuaH Pilihan bukan??
    sO Berpikirlah lebih.. “OK2 aj Siyy,tp yg ptg hiduplah iman kita. Belajar dan terus bljr dalam hal iman!! Hiduplah perdamaian”
    Tuhan Memberkati..

  47. Waaah…emaNk BeNer koq …ga BaKalAn AbiS kAlu diBahAs…SoAlNya kiTa kaN Lom LaHiir..diApuSi yoo Ra NgeRti.ApAkAh MoNaLisA yAng diLUkiS SaMA LeO PerNah diTeMukAn orAngNya….?????

  48. 76# DHeNizt
    Haluuu juga Dhenizt. Monalisa nama aselinya Lisa Gherardini abe baru tau, Nizt. Ada link yg bisa membuktikan hal ini? Niwe, semoga kutukan segera berakhir yah hehe… ๐Ÿ˜€

    78#,79#,80# Brian
    Kamu orang yg sama yah? Ehm, Saya tidak mengerti mengapa kamu bilang thread Davinci Code ini ter “ASYU”. Kalau ada salahnya, tolong jelaskan dimana salahnya? ๐Ÿ™„

  49. alo,,,, salam damai ya,,
    ni B ambil kesimpulan dewek y???
    pihak pro kontra kan past ada,,,
    tyusss,,,, klo misalna nturh ga bner kn parah tuh hasilna,,
    ntuh comment yang di atas bner jg tuh,,, kbanyakan kt2 km mojokinsalah satu pihak,,,

    tolong di piQr dampakna ya klo maw nyatain argumennya???yang bisa dipertangungjaeabkan oke???!!!

    GBU

  50. wahhhhh,,,,, ki website ter asYu yg tak baca???…. yaBapa,,,, ampunilah mereka karena mereka tidak tau apa yang mereka perbuat,,, amin.:grin:

  51. :roll:Haluuu… Abe….g tau knapa kya’Na gw kena kutukan Monalisa. Pasalnya pas lg mualez2na kul, dosen gw ngomongin soal Monalisa yg misteriuz eTo0h…alhasil gw langsung idup lagi!!! imbasna udah bbrapa ari ni pala gw pnuh soal Monalisa.UUKKHHH….:evil:
    Soal da Vinci HOMBRENG jg bikin gw mumeettt…konon…. dr yg gw prnh denger… Da Vinci tuh anak dari seorang pria kaya yg punya byk istri tapi g punya anak. Sampai kmudian tuh pria punya anak ( Da vinci )dari wanita laen… Nah mungkin lantaran deket ma nYak tirina yang buanyak etooh dia percaya bahwa jiwa manusia g bisa diterangi kecuali klo punya elemen jantan dan betina …trus dia juga cuinta mati ma nyak kandungnya yg dia lukis ( Monalisa ). Gw juga sempet ngamatin Monalisa dari kiri…mang bikin puyeng juga yak!Pa bener ni nyakna Da Vinci???tapi kok klo dari kanan kya laki-laki…UUaaahhhh…tau akhh…gelap!!! Mungkin Monalisa terkenal bukan karena Da Vinci suka bawa lukisanna kemana-mana,tapi proses penyempurnaan bibir Monalisa yang makan waktu 12 taun. Ukhh…puegel juga…padahal senyumna juga cuma ‘menjeb’ doank… .Yaaahhh…dari hasil penelitian juga…katana Monalisa tuh seorang wanita yag punya nama Lisa Gherardini…Wuucchhh…syapa pula tuh???pa nama nyakna y???Abeee…gw dah g tahan lagi soal Monalisa, dia bukan syapa2 gw tapi dah brani bikin gw pnasaran! mungkin klo skrg gw mati,gw jadi arwah gentayangan kali yeee…..:???:

  52. nyang diatas ntu lukisan madona of the rocks ato virgin of the rocks ? btw,lu berani bgt geto…

  53. gara2 The Da Vinci Code, aku jadi sering ke warnet n buka2 masalah seputar yang disebutkan didalam buku itu..
    mulai dari Pagan, Kabbalah, mpe aku juga baca Injil… capek juga seyh… bukan bwat pindah keyakinan, tapi bwat lebih percaya bahwa….apa yang udah aku “pagang” yang terbaik.. beberapa buku yang berkaitan sama The Da Vinci Code juga dah habis kubaca, kae Holly Blood, Holly Grail…., Knight Templar Knight Of Crhist.. tapi belum puas juga mpe sekarang… masih banyak yang membuat aku bertanya2 tentang semua yang ada di karaya Dan Brown…:mrgreen:

  54. wuiih…….nih cerita ga bakal abis dh tuk dibahas……..:roll:sampe bingung m kasih comment na…:???:tapi, yang jelas…. Bang Leonardo sdh bikin kita2 ini nambah wa2san kita banget….two tumbs up lah…:wink:(walau rada bingung juga…..). but, tu smua dah bikin semua orang berpikir lebih jauh lagi n lebih memanfaatkan our brain(ceileee……:razz:)

    ambil positif na aja, Be!!!!:lol:

  55. wuiih…….nih cerita ga bakal abis dh tuk dibahas……..:roll:sampe bingung m kasih comment na…:???:tapi, yang jelas…. Bang Leonardo sdh bikin kita2 ini nambah wa2san kita banget….two tumbs up lah…:wink:(walau rada bingung juga…..). but, tu smua dah bikin semua orang berpikir lebih jauh lagi n lebih memanfaatkan our brain(ceileee……:razz:)

    ambil positif na aja, Be!!!!:lol:

  56. 70#jika anda tidak mengatakan 100% bener, itu hak anda….dan dari semua orang yang ada dunia mungkin…mengatakan 50% adalah benar (saya bilang mungkin :cool:loh…tapi bisa lebih/melebihi dari yang lebih bagaimana!? atau kurang:mrgreen:). Sebenarnya gagasan Dan Brown bukanlah baru. Tahun 1982, terbit buku Holy Blood, Holy Grail, yang bercerita tentang perkawinan Jesus dengan Mary Magdalena dan punya anak keturunan. Bahkan, soal kebangkitan Jesus itu sendiri menjadi perdebatan yang panas di kalangan teolog. Apakah kebangkitan itu benar-benar terjadi, atau sekedar cerita; apakah kebangkitan itu bersifat objektif atau subjektif.

    Sejak tahun 1985, misalnya, sudah dimulai penyelidikan Jesus Sejarah yang lebih dikenal dengan nama ‘Jesus Seminar’ di AS. Mereka meragukan fakta historis, bahwa Jesus bangkit. Kelompok ini dimotori oleh John Dominic Crossan dan Robert W. Funk yang disponsori Westar Institute. Mereka mengadakan seminar-seminar di sejumlah kota di AS dan menerbitkan berbagai buku seperti The Five Gospel, The Acts of Jesus, dan The Gospel of Jesus.

    DAN jika anda mengatakan ini hanya sebuah OPINI…lalu bagai mana kalau opini tersebut merupakan fakta?, kita tidak mungkin akan lari dari suatu pemikiran yang kongkrit donk..!!!:grin:

  57. 66# Fiksi yang berdasarkan lokasi sejarah yang akurat. Tapi untuk alur ceritanya tentang JESUS dan HOLYGRAIL saya tidak bisa pastikan keakuratannya! ๐Ÿ˜‰

    67# Saya setuju dengan pemikiran Anda. Toh, apapun pilihan agama yg kita anut TIDAK DIBENARKAN untuk saling MEMBENCI, bukan? ๐Ÿ˜€

    68# Lah, saya tidak berani mengatakan ini 100% bener!

    69# FAKTA? Bener nih fakta? sudah dilakukan riset atau belum? atau hanya sebatas OPINI? Atau mungkin cuma cerita karangan Dan Brown saja? Hmm.. Saya tidak berani (atau mungkin) tidak tau persen kebenarannya! Yang pasti ceritanya cukup memperkaya wawasan saya (pribadi) ๐Ÿ˜Ž

  58. Mengapa Novel ini begitu menyengat para teolog Kristen? Itu tidak lain, karena novel ini memaparkan fakta-fakta baru tentang Jesus yang membongkar dasar-dasar kepercayaan Kristen yang bertahan selama 2000 tahun.::lol::roll::???:::

    gila………..2000 tahun maaaan….:shock::???:

  59. :shock:da vinci…da vinci…buku bagus dan relevan…..khhhe…khee, tapi hmmmm…
    Ya, “The Da Vinci Code” , memang hanya sebuah novel fiksi. Tetapi, novel ini telah menyengat dan menggoncang kepercayaan dalam tradisi Kristen yang telah berumur 2000 tahun. Maka, meski hanya sebuah novel, sebuah cerita fiksi, tetapi dihadapi dengan serius oleh kalangan teolog Kristen. Novel yang dibaca oleh puluhan juta orang di dunia ini bagaimana pun termasuk luar biasa dan digarap dengan riset yang serius. Brown, novelis yang kini menetap di Inggris, mengklaim bahwa berbagai fakta sejarah seputar Jesus, Mary Magdalena, Opus Dei, The Priori of Sion, yang dipaparkan dalam novelnya adalah 100 persen benar. “Semua deskripsi tentang karya seni, arsitektur, dokumen, dan ritual rahasia yang dipaparkan dalam novel ini adalah akurat,” tulis Brown dalam pembukaan novelnya.
    Dan Brown….lu emang novelis terkenal yang pernah ada…!!!:eek:

  60. boleh gabung yaaah….!!!he…he..

    gw punya sesuatu yang p[erlu kalian tahu nih…, bagi…bagi gitu deh…hehe..
    dalam film da vinci code….menurut gw…ada fakta yang menarik…loh….
    contohnya aja…:
    nih..dalam durasi terakhir film itu kan ada sebuah benda…piramid …adanya di pernacis(menurut film loh). dan yang kita tahu piramid merupakan bagian dari kepercayaan orang mesir…dan gw perna dengar semenjak abad 3 ada semacam organisasi di dalam sebuah pertentangan ajaran agama…yang langsung tertuju pada segelintirnya politik…oleh para pengurusnya dan nama dari organisasi itu gw kurang ingat …pokokna ada NICEAnya gitu deh…he…he…he
    kembali ke masalah piramid…yang katanya orang sih adalah simbol dari kelamin pria..dan terletak dibawahnya ada benda berlawanan (benda terbalik piramid)..yang artinya kelamin wanita atau rahasia dari da vinci code yang menyatakan bahwa maria magdalena adalah code dari da vinci,…dan seandainya bila digabung akan berbentuk sebuah gambar persegi enam tidak lain simbol ajaran dari agama yang ada di muka bumi ini…….siapa tuuhh!@!!#@*^!?
    saya sendiri kurang ngerti…mengapa bisa berhubungan antara ajaran A dan B..
    ini hanya ilustrasi gw doank…jangan diambil hati ya!!!??##
    kita disini pasti bertanya-tanya
    *mengapa ada gambar bila hanya mengutuk dari gambar itu…?
    *mengapa harus dibuat sebuah kode pencerahan yang kurang signifikan..?
    *mengapa dari semua gambar da vinci hanya menampilkan kejanggalan yang tak terelakkan…(celaan)
    *jika davinci adalah kode, maka injil bukan da vinci, al’quran juga bukan davinci, dan taurad bukan juga davinci.
    dan aku kembali kepada kepercayaan saya…bahwa di bumi tidak lain adalah persinggahan sementara…dan tidak lama setelah hari pembalasan semua manusia yang ada didunia memepertanggung jawabkan perbuatannya….
    hidup da vinci…
    salam perdamaian ๐Ÿ˜‰

  61. Thanx bwt mas abe cz d ngrmpiin ni buku:smile:. Hm…q tu slh 1 penggemar karya dan brown. N jujur j ni novel bkn aq smpt kaget jg cz isinya (yg myngkt agm) nyomblang bgt dr yang pernah q tw. But lagi2 mgkn mas abe bnr tu kan cm krgan org alias fiksi gt. Tp yg pertama kali bikin aq pnsrn ma ni buku ya krn kontroversi itu. Eh stlh kubaca crtnya asik bgt. Alurnya g mdh ditebak. N skrg q bnr2 skaaaa:shock:. Mas abe klo bs bhs bk dan brown yang laen y? please:cry:?!!!!?

  62. 63# feystev
    Yah, kalaupun TIDAK setuju setidaknya MENGHIBUR fey! Nah, sialnya atau kalau boleh Abe bilang kurang ajarnya, ada SEGELINTIR KECIL orang yang tidak tau kalau itu sebenarnya FIKSI dan terlalu berlebihan menanggapinya!

    I’m moslem but always respect with other religion ๐Ÿ˜‰

  63. Halo Be… G ngak setuju banget dgn bukunya Dan Brown. emang sih s g juga penasaran dgn Da Vinci Code dan lukisannya MOnalisa dan the last super lukisannya bukan kayak gitu. kayaknya Doi cuma mao nyari kepopularitas doank sih. Yang jelas sih g stay dgn kepercayaan n keyakinan g. I Love Jesus Christ

  64. 59# Saya sudah jelaskan di atas! ๐Ÿ˜€

    60# Silahkan saudara hormati perbedaan pendapat!

    61# Seperti yg saya katakan di atas, karena doi menyinggung2 (mengganggu) keyakinan satu umat beragama!

  65. GW CM BINGUNG MA DA VINCI KNP KARYANYA DIANGGAP PUNYA SUATU MAKNA/MAKSUD?ATAU CM KITA2 AJ KALI YG BERLEBIHAN NANGGAPINNYA….AYO TANYA KENAPA?(ky iklan aj)

  66. bedah buku yang cukup bagus..:wink:
    ga menggunakan bhasa yg t-lalu gimana gitu
    but ada yang ga nyambung deh..:mrgreen:
    lukisan THE LAST SUPPER BUKAN YANG ITU…

  67. 57# imel maniz
    Yupie, believe in what you believe!
    Seperti yg abe bilang di atas (diskusi dengan teman-teman yg laen), jangan gara-gara buku ini merusak keyakinan imel.. Tul gag? ๐Ÿ™‚

  68. 1st time baca q sempet gaer:sad:takut klo2 isiny bnr2 guncang iman but aftr barter opinion ma bonyok q jd ykn klon tu asli fiktif coz ngaco n can’ proof! bktix tu crt gntg g’d ending jls btw keep in faith with Jesus Christ! ๐Ÿ˜›

    B’crful with ๐Ÿ˜ˆ with many ways to trap U…

  69. 55# giffari
    Iyah banyak yg bilang Digital Fortress gag bagus dan agak JADOL tidak tekhnologi yg valid lagi..

    Eh, tapi saya kok jadi semakin penasaran untuk membacanya yah! ๐Ÿ™„

  70. 52# nophie
    Thanks sudah membantu noph! ๐Ÿ˜‰

    Kalau ulasan lebih lengkap coba nophie googling aja langsung! Buat keywordnya beda-beda biar nophie bisa dapet spesifikasi cerita tentang dan brown atau novel da vinci code ini..!!

    Ya, cuma saran sih noph! ๐Ÿ˜Ž

  71. abis gw baca loe punya penjelasan gw jd tambah penasaran aja sih sebenernya novel the da vinci code itu bener pa g???:lol:meskipun gw msh penasaran,tp uraian loe di atas uda bnyk jg nambah ilmu gw..hehe.:grin:..bisa kasitau gw dimana gw bsa dpt ulasan yg lbh lengkap g?thenkyu

  72. 48# Shanto Iskandar
    Kalau begitu davinci “seniman” yg berprofesi sebagai “penemu” atau sebaliknya yah? ๐Ÿ™„

    49# Yay’s

    The last supper-nya juga bukan itu yang asli mah, yang asli tuh maria magdalena-nya lagi nengok ke kanan. Gwe liat banyak lukisan the last supper yang dipleset2in gitu deh. And gambar asli-nya gwe juga dah nemu di internet, banyak kok, asal nggak sampe kecele ajah

    Bisa ditunjukkan dimana URL untuk image/aselinya bro? Beri kita-kita disini link, biar bisa dibandingkan! ๐Ÿ˜Ž

    50# & 51# opeE
    Yah bener, saya juga sudah membaca ANGELS and DEMONS juga. Ceritanya seputaran gereja jugakan? Yah, abe jg heran napa Don Brown kok selalu ngusung sisi sensitif umat kristiani? Biar cepat terkenal kali yah? ๐Ÿ™„

    Kalau menurut abe, lebih enak baca davinci code daripada menonton film-nya! Kenapa? Karena di film-nya banyak dialog/adegan yg missing! ๐Ÿ™‚

  73. :mrgreen::mrgreen::mrgreen:wihhhhh………..
    hii,ikut nimbrung ya….
    just want 2 say,SETUJU!!!
    kl mang dan brown tu freaky jenius!:shock:
    hbs baca buku dia,ku langsung cabut k warnet..riset pe jam2an,penasaran…yg mana yg fiksi ato real dr hal2 gila yg dia tulis di dlm bukunya..
    terlepas dr kontroversi2 soal buku2-nya dia…ku salut aja ma kemampuan dia buat ngangkat tema2 ‘bunuh diri’ ky gitu…
    oia,angels & demonds jg sippp tu,
    cant take my eyes off of it..:grin:

  74. Hola… Lukisan the last supper sama madonna of the rocks nya salah tuh.
    Itu bukan madonna of the rocks tapi virgin of the rocks, kalo madonna of the rocks si uriel-nya lagi nunjuk ke bayi yesus. Coba deh cari di google, pasti ada yang sepasang = madonna of the rocks – virgin of the rocks, gwe dah dapet gambarnya.
    The last supper-nya juga bukan itu yang asli mah, yang asli tuh maria magdalena-nya lagi nengok ke kanan. Gwe liat banyak lukisan the last supper yang dipleset2in gitu deh. And gambar asli-nya gwe juga dah nemu di internet, banyak kok, asal nggak sampe kecele ajah

  75. Hihi.. inget, Leonardo Da Vinci adalah orang yg paling iseng sepanjang sejarah! …

    yummy,..memang doi ini super iseng,….saking iseng nya doi “menciptakan” banyak “benda” yg berguna untuk perkembangan sejarah manusia….
    Doi ini sebenarnya “bukan” seniman loh,…doi ini tergolong “penemu”…

  76. 43# Shanto Iskandar
    Wah, komen ente panjang banget bro! Makasih yah ๐Ÿ˜Ž

    Nah dalam proses โ€œpembaharuanโ€ nya itu yg konon melibatkan banyak pakar seni,….terjadi โ€œperdebatanโ€ mengenai posisi yg ada di lukisan asli tersebut. Di mulai dari posisi Andreas yg berekspresi kaget ketakutan sambil mengangkat kedua tangannya, posisi Petrus yang โ€œgak wajarโ€,…posisi rasul yang saya lupa namanya yg sedang โ€œmembisikiโ€ tokoh โ€œjohn??/maria magdalena???โ€. Posisi membisiki seperti itu sangat tidak lazim,…kalo gak percaya,…coba deh anda meniru gerakan posisi membisiki seperti ituโ€ฆdijamin pegal dah badan

    Wah.. Wah.. Posisi badan juga masuk dalam penelitian ahli seni juga yah? Btw, gimana kalau Da Vinci yg terkenal suka iseng itu memang sengaja buat tuh posisi seperti itu!

    Shanto Iskandar bilang, butuh waktu 4 tahun untuk buat lukisan itu. Kalau abe fikir Da Vinci bukan karena bingung bagaimana melukisnya? Tapi bagaimana buat suatu karya maha cipta yg menyangkut “kepercayaan” ratusan juta orang itu menjadi KONTROVERSIAL adanya!

    Hihi.. inget, Leonardo Da Vinci adalah orang yg paling iseng sepanjang sejarah! Oops, ini juga bukan kesimpulan yg abe dapat sendiri, kan bukan ahlinya.. Abe cuma googling doank kok ๐Ÿ˜ณ

  77. 42# Roz
    Roz kamu yakin lukisan (copyan) The Last Supper yg kamu beli aseli memang Da Vinci yg gambar? hehe.. sowry, gara-gara Dan Brown abe jadi gag yakin ke absahan lukisan itu bro!

    Btw, kalau memang nanti jadi bahan skripsi, boleh dunks abe liat atau di share diblog ini juga! Salam kenal! ๐Ÿ˜‰

  78. 40# Teabing
    Wah, lebih seru baca bukunya atau filmnya dulu bro.. geto baca baru tau bagian mana dari karya davinci code yg diperdebatkan! ๐Ÿ˜Ž

    Tapi tetep abe menghormati kepercayaan kamu bro! Salam ๐Ÿ™‚

  79. Hmmm,..sama ane juga penasaran sama DA Vinci code ini. terutama sama lukisan The Last Supper yg menghebohkan itu. Alhasil ane menyelidiki lebih jauh mengenai lukisan ini. Dari berbagai sumber, ternyata lukisan asli nya sebenarnya udah rada “kabur”/gak jelas. Kemudian di “perbahrui”. Nah dalam proses “pembaharuan” nya itu yg konon melibatkan banyak pakar seni,….terjadi “perdebatan” mengenai posisi yg ada di lukisan asli tersebut. Di mulai dari posisi Andreas yg berekspresi kaget ketakutan sambil mengangkat kedua tangannya, posisi Petrus yang “gak wajar”,…posisi rasul yang saya lupa namanya yg sedang “membisiki” tokoh “john??/maria magdalena???”. Posisi membisiki seperti itu sangat tidak lazim,…kalo gak percaya,…coba deh anda meniru gerakan posisi membisiki seperti itu…dijamin pegal dah badan. Nah padahal si Davinci ini adalah pakar anatomi manusia,..dan dalam melukis The last supper ini,..doi membutuhkan waktu hingga 4 tahun lamanya. Jadi dalam prosesnya doi tentunya sudah memperhitungkan ketelitian semuanya. Masalah ada tokoh “John/maria magdalena” seh masih wajar lah,…karena memang di lukisan itu rada mirip cewek. Yang menjadi tanda tanya besar buat ane adalah adanya sepotong tangan yang memegang pisau !!! ANEH,..karena tangan itu di lukisan itu adalah melayang,…tidak ada kejelasan siapa pemilik tangan itu. Apakah doi salah gambar ?? Gak mungkin deh……lah wong doi ini pakar anatomi,…lalu apa maksud gambar tangan melayang yg memegang pisau tersebut ?? Hingga si Andreas mengangkat tangannya dengan ekspresi takut ?? dengan asumsi saat itu Yesus sedang berkata : “malam ini salah satu dari kalian yg hadir di sini akan membunuh saya.”

    Tangan siapa yg memegang pisau itu ?? Tangan petrus ?? Gak mungkin nyambung,…lalu tangan siapa ?? benar benar penuh misteri neh The Last Supper ini.

    Masalah Yesus punya teman/istri Maria Magdalena,…..yg kemudian konon punya anak permpuan…..Menurut batin ane seh wajar2 aja,….apa salahnya seh kalo Yesus punya teman/istri ?? Apa salahnya seh kalo Yesus punya anak perempuan ?? Apa salahnya seh kalo ternyata Yesus punya keturuan yang masih hidup hingga sekarang ?? Jadi entah benar entah tidak,….apapun kenyataannya tidaklah masalah buat ane,…karena toh Yesus itu adalah 100% Tuhan,…dan juga sekaligus 100% Manusia menurut kepercayaan ane.
    Mengenai alkitab,……sepengetahuan ane alkitab itu tidak diturunkan dari surga,..ataupun tidak diberikan langsung oleh Tuhan kepada manusia. Gak lah. Sekali lagi sepengetahuan ane,….Alkitab itu adalah karya manusia,…..disusun oleh manusia,….berdasarkan tulisan2 yang ditemukan,…lalu di susun menjadi alkitab. Dan Alkitab yang sekarang ini yang namanya buatan manusia tentunya masih jauh dari “sempurna”. Pastilah terdapat kesalahan di sana sini. Karena mengumpulkan bukti tertulis itu kan tidak mudah,…belon lagi proses menerjemahkan dari bahasa aslinya. Banyak surat-surat rasul yang tidak komplit,…misalnya Surat Yohannes 1,2,3…itu sebenarnya di alkitab itu kan tidak komplit. Ada “missing link” di surat yohanes itu,..karena memang surat nya “hilang” atau tidak ketemu entah di mana.

    Kembali ke topik DAVINCI code,…karena ane hanya penasaran sama karya2 doi aja. Gak penasaran sama keaslian Yesus maupun ajarannya. Karena dalam hati ane Bapa, putra, dan roh kusus itu sudah mutlak Tri Tunggal Tuhan ane.

    Dari karya2 Davinci,….banyak hal yg kasat mata terlihat wajar/biasa saja. namun setelah di perhatikan lebih teliti,…di renungin pake logika,…banyak tersimpan “misteri” di hasil karyanya. Yang sekarang sedang ane “ubek2” adalah “tangan melayang” yg memegang pisau tanpa jelas tangan sipa itu di lukisan The Last Supper tersebut. Barang siapa merasa itu adalah tangan anda,..harap segera melaporkan diri,…supaya terjadi pencerahan….

    Salam DA VINCI !!!!

  80. btw…..i lama bnget nyari temen discuss buat ngebahas ni buku pi temen2 i pada gak suka novel…..so i seneng bnget…neh bisa ngikut nimbrung disini…….
    btw pasti lo semua dah tau kan……kalau film dokumenternya lukisan yang versi the last supper juga udah ada, gw dah beli……keren juga kok…malh menurut gw lebih keren nonton yang dokumenter ini……daripada filmmnya yang da vin ci code………
    trus gw juga mo nambahin seh……ini bukan masalah percaya atau enggak pi yang jelas buat nambah wacana kita tentang sejarah kita aja.cos percaya atau gak ma sejarah yang belum jelas kayak gini itu kan pilihan dan pilihan selalu punya 2 sisi. bagi sisi yang milih percaya mungkin buku ini banyak untungnya buat dia, dan bagi sisi yang sebaliknya/gak percaya mungkin doi ngerasa di rugiin. but for me…..whatever lah…..yang penting i bakal nyari banyak info tentang buku ni bukan lantaran i dirugiin n di untungin ……pi emang buku ni keren banget……seh…..btw bi u suka bgt ya…..buku ni. bsa gak kapan2 kita discuss cos i mo ngambil ni buku buat judul skripsi gw.

    C U

  81. btw…..i lama bnget nyari temen discuss buat ngebahas ni buku pi temen2 i pada gak suka novel…..so i seneng bnget…neh bisa ngikut nimbrung disini…….
    btw pasti lo semua dah tau kan……kalau film dokumenternya lukisan yang versi the last supper juga udah ada, gw dah beli……keren juga kok…malh menurut gw lebih keren nonton yang dokumenter ini……daripada filmmnya yang da vin ci code………
    trus gw juga mo nambahin seh……ini bukan masalah percaya atau enggak pi yang jelas buat nambah wacana kita tentang sejarah kita aja.cos percaya atau gak ma sejarah yang belum jelas kayak gini itu kan pilihan dan pilihan selalu punya 2 sisi. bagi sisi yang milih percaya mungkin buku ini banyak untungnya buat dia, dan bagi sisi yang sebaliknya/gak percaya mungkin doi ngerasa di rugiin. but for me…..whatever lah…..yang penting i bakal nyari banyak info tentang buku ni bukan lantaran i dirugiin n di untungin ……pi emang buku ni keren banget……seh…..btw bi u suka bgt ya…..buku ni. bsa gak kapan2 kita discuss cos i mo ngambil ni buku buat judul skripsi gw.

    C U

  82. secara g da nonton dan baca bukunya, truz g jg da baca holy grail holy blood jg, dan coba2 cari gbr last supper nya…hasilnya seh masih membingungkan, y ga mgkn umat kristiani dan org vatikan pcy gt aj, bkn karena bkti nya yg ga jelas tp karen adanya alkitab yang da dipegang betahun2, berabad2 mungkin.. jd pcuma aj si Dan Brown ngsih cerita ky gt, di bukunya aj ditulis bahwa semua orang vatikan adalah orang yang sangat amat beriman..nah karena g orang yang sangat amat beriman, jadi g ga pecaya klo Yesus punya anak…:oops:

  83. 36# 37# 38#
    Seperti yg abe bilang diatas, sebenernya isu keagamaan yg dilontarkan Dan Brown di Davinci Code TIDAK SEHARUSNYA menyinggung bahkan buat marah umat suatu agama.

    Yang bisa abe ambil dari sini pengetahuan kita tentang seni (sedikitnya tentang da vinci) tercerahkan. Brown ajak kita eksplorasi semua tempat-tempat sejarah seni di Roma – Itali. bahkan kota-kota seni lainnya. Yah, itulah yg bisa kita ambil ๐Ÿ˜›

  84. dan coba kita tengok lagi deh,semua yang ada di da vinci code emang bener2 gak masuk diakal.gw sebel sebenarnya film ne aneh bgt,tapi gw kok jadi tambah gak ngeh………..coba ja selama berbulan2 gw selidiki kok ya tetep nol hasilnya,apa perlu gw kabari conan edogawa buat nyelidiki ya?
    oh iya coba deh lu liat2 lagi akhir2 ini ada buku yang keluar dan pokoknya very imposible:mrgreen:

  85. hi bi,klo gw boleh tau lu mpe sekarang masih sama bingungnya ma gw gak seh?
    ngomong2 gw neh kok asih super duper bingung,ko ada orang mau jerumusin umat tuhan jadi tambah bingung,padahal udah tau orang aja masih belajar tentang itu tapi kok ya maksa.klo gw jujur aja masih bingung bgt.dan waktu gw liat web lu,gw jadi tamba seangat buat cari tau,habis ne film emang penuh kontroversi bgt ya?:oops:

  86. KLO aku bisa kasih embel2,jelas bgt di sini klo semua boong abis,klo lu pade udah baca bukunya ato liat filmnya pasti sama manyunnya ma gw :???:ya pkknya yang jelas ni cerita bukan buat orang tambah pinter tapi goblog iya…….gimana ya?gw aja mpe sekarang masih bingung and mau cari tau kenyataannya.emang seh gw akui gw aneh coz udah tau ne cerita buat gw pusing tapi kok ya tetep ja gw bingung.tapi galz gw ingetin lu boleh selidi8ki pilm ni krn penasaran sama kyk gw,tp reasonnya harus jelas.ok!

  87. 33# BoNz
    Wah, thank you bro! Abe cuma tulis ulang apa yg Dan Brown tulis kok! ๐Ÿ˜€

    34# RiZal
    Tidak berpihak lebih bijaksana lagi Zal, daripada fanatik gag juntrungan? ๐Ÿ˜Ž

  88. gue sih tidak berada dipihak yg dirugiin, cos gue percaya 100% ama yg tlh brown tulis, krn memang ada banyak hal yg gue nggak begitu paham ttg ritual katolik dan ada banyak sekali doktrin doktrin yg nggak jelas yg tdk blh dipertanyakan. so go brown! i’m behind you

  89. wah keren abis tulisanya dr bro abe
    salut deh.. pertahankan terus hehe

    hal2 spt ini sbtlnya semua balik ke iman msg2
    karena hal ini ga ada yg 100% benar
    hal seperti ini di ceritakan turun temurun
    yg di mana setiap kali turun bisa saja nambah bumbunya..

    intinya semua balik ke iman masing2
    tau lah pasti arti dr iman itu :mrgreen:

  90. 27# Deandra benar!
    Yah, kamu benar Bro! Seperti yang di film DaVinci Code kan? Ehm, tapi abe seneng aja kasih gambaran seperti itu! ๐Ÿ˜›

  91. he2x……emang kalo liat da vinci code bukan nambah pinter tapi tambah goblog iya.habis ceritanya ruwet.taulah udah liat internet.baca bukunya nahkan nonton pun tetep ga mudeng.tau ah……………………………….so baca kitab dulu yang banyak baru liat2 da vinci code.

  92. mas, gambar terakhir, the last suppernya keliru tuh. itu bukan originalnya. cari lagi di google. saya udah dapet. dan persis gambaran brown. gambar yang mas sertakan salah,.

  93. ๐Ÿ˜ฏ
    guilingan booooo!!!

    wah penantisn mencaRi kLiping bwt Lukisan teRcapai jga…
    bagooo00oouuuuuuuuzzzzzzzzz/

  94. 21# Bobby..
    Sebenernya saya sih gak mau offense kepada aliran/kepercayaan lain!

    Seperti yang Abe bilang di awal Bob, Abe cuma mau ajak Bloggers yang laen untuk bedah buku inih. One Of The most interesting book that I ever Read! ๐Ÿ˜‰

  95. Salam kenal aja buat kamu…be…:
    ๐Ÿ˜Ž
    sbenarnya buat gue..smua itu bukan masalah yang perlu pikirin terlalu hard lah…soalnya paling ga..akhirnya kita tau arahnya kemana..tak lain tak bukan pasti akan menyinggung salah satu kepercayaan…:cool: walau gua bukan di pihak yang dirugiin…tapi ngga enak aja… selagi kita ga ada masalah dengan apa yang terjadi…jangan bikin masalah lah…gua jg prnah ngebahas ini sama temen-temen..tp hasilnya apa..??? sebagai generasi muda yang cukup kreatif ( lo..menurut gua..) baguasan lo pikirin masa depan dan negri lo ini…jangan ngebahas karya orang mulu…kapan dong karya kita dibahas orang…jd gunain kreatifitas kamu buat ciptain karya baru…pasti ntar gua bahas…wassalam..:no komen:

  96. 20# iyah..
    sebenernya image yg abe ambil di atas juga tidak abe ketahui SAH atau tidak, OTENTIKASI nya aseli atau tidak!

    hehe.. itu semua Dan Brown yang simpulkan sist!

  97. Aku udah baca sampe bab 62..Sumpe keren banget !! Apalagi sama angka 1,618..Kagum deh..Penuh filosofi..Aku ga berniat nonton filmnya di bioskop soalnya aku mo ngabisin bukunya dulu baru nonton fimnya dan saat dimana buku itu kuhabiskan, pasti filmnya juga udah abis di bioskop..DVDnya kapan muncul ya ??Hmm…The Last Supper yang versi lain lebih keliatan lho begitu “cewe”nya Maria Magdalena..Trus tangan ga tau siapa yang pegang pisau juga jelas banget tapi tetep aja ga jelas punya siapa…Aku malah ngeliatnya itu tangan Maria Magdalena, tapi ternyata tangan Maria Magdalena ada di atas meja semua !! Nah looo..

    Commentnya kepanjangan yah..Hweheheee..
    BRAVO PSIS !!!

  98. gW dah nonTon Pilemnya 2 kali, tP teTep weh puCiiiiiiiiiiiiiiiiing,,,:oops:Pi ada gambaran dikit cih,,,,,,,,,,:lol:
    hidup persiBBBBBBBBBBBB nD EnglanD:grin:

  99. gW dah nonTon Pilemnya 2 kali, tP teTep weh puCiiiiiiiiiiiiiiiiing,,,:oops:Pi ada gambaran dikit cih,,,,,,,,,,:lol:
    hidup persiBBBBBBBBBBBB nD EnglanD:grin:

  100. 12# dan 13#
    yah setuju, apapun kata orang.. keyakinan kita adalah hak kita Golan. Dan Brown mau tulis apa terserah dia, tapi yg pasti jangan keyakinan kita sampai di injak-injak ๐Ÿ˜‰

  101. Gw ga ambil pusing ma, Da vinci code…yang penting, Tuhan Yesus masih memeberkati umat Manusia..dan Gw yakin Ma Yesus kRitus,,bukan Ma Da vinci
    I loVe Jesus lah pokona Mah

  102. Gw ga ambil pusing ma, Da vinci code…yang penting, Tuhan Yesus masih memeberkati umat Manusia..dan Gw yakin Ma Yesus kRitus,,bukan Ma Da vinci
    I loVe Jesus lah pokona Mah

  103. sepertinya buku da vinci code cuma ingin menyampaikan bahwa, ada dua kubu dibalik sejarah bang jess yang misterious :), yaitu :
    1. kubu yang menjaga rahasia bang jess untuk dilestarikan tanpa menceritakannya kepada masyarakat umum.
    2. kubu yang menjaga rahasia bang jess untuk dihancurkan atau dilenyapkan.

    anyway, this just my opinion.thx

  104. gw sih cm bingung aja knapa nih buku laku bgt kl bakalan bikin bingung…………
    yang pasti lumayan asyik jg bacanya………
    n’ nambah bacaan kalieeeeeeeee…
    ๐Ÿ™‚ 4 u

  105. 2# ini topik nyah tentang buku BUKAN tentang MUSIK hehe.. tapi it’s okay ๐Ÿ˜‰

    kalau menurut saya, kenapa lagu indonesia lebih diminati di Malaysia, lebih dikarenakan lagu Indonesia lebih variatif ๐Ÿ˜‰

  106. komen ini tiada kena mengena dengan topik ini tetapi ingin saya nyatakan kepada anda mengenai tahap hiburan lagu indonesia di malaysia. kini lagu yang paling top di malaysia ialah lagu indonesia,ratu,radja dan peterpan.radja dan ratu masih baru manakala peterpan agak lama tapi masih diminati..persoalan saya ialah mengapa rakyat malaysia lebih gemarkan lagu indonesia sehingga carta pertama setiap fm di malaysia diungguli oleh lagu dari indonesia??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s