215. Bika Ambon Medan Versus Bolu Gulung Meranti

Malem inih kita cerita makanan.. Slurpp..
Yuk.. Yak.. Yuk.. *ngencezz.. *

Bika Ambon Medan

Kalau di Jogja terkenal dengan Gudeg-nyah, di Palembang ada Mpek-mpek, di Medan ada BIKA AMBON. Heran yah, saya juga tidak tau kapan mulanya medan dikenal dengan β€œBika Ambon” Hehe.. padahal kalau di kota Ambon sendiri kue bika tidak begitu digemari? Yah, saya sama herannya dengan anda! Yang pasti kalau temen-temen dari luar kota dateng ke Medan selalu bawa oleh-oleh Bika Ambon.

Beberapa waktu lalu, tim Ilmukomputer.Com (diwakili Mas Choirul dan Mas Ivan) bekerjasama dengan Microsoft Indonesia mengadakan training Dot.Net di Medan dengan panitia lokal Webmedia. Begitu selesai acara Tim Ilmukomputer.Com dan Microsoft-Indonesia dianter mas Eko (Owner Webmedia) minta dianter beli buah tangan, apalagi kalau bukan Bika Ambon!

Terus lebaran kemarin, Mas Pri bareng Mbak Rina pulang ke Medan. Waktu ituh doi juga minta dianterin beli oleh-oleh. Oleh-olehnya apa? yah Bika Ambon tentunyah! Sebelumnya saya rikues ke Om Idban minta dibakari manga BLEACH, doi kasih cuma-cuma dan saya jadi tidak enak. Dan, melayanglah Bika Ambon ke jakarta tempatnya Om Idban kerja!

Yah, Medan dan Bika Ambon tidak bisa dipisahkan. Seperti kota Roma dan Julius Caesar, seperti Romeo dan Juliet, seperti gula dengan semut, dan seperti Abe dan ketampanannya (Hehe.. ini sebaiknya diabaikan) Gag bisa dipungkiri memang πŸ˜‰

Whew, kalau di Medan banyak toko-toko kue yang menjual Bika Ambon, tapi tempat yang paling pas adalah di Jalan Mojopahit. Percaya gag sih? Sepanjang jalan Mojopahit yang tidak begitu panjang itu semua toko menjual Bika Ambon? Kalau anda belum pernah ke Medan nanti kalau ke Medan silahkan singgah yah! Dan kalau anda yg sudah pernah ke Medan pasti tidak heran ada satu toko yang paling banyak dikerumuni pembeli, nama tokonya β€œBika Ambon Zulaikha”. Selain menerima orderan dari dalam negeri toko Zulaikha ini juga melayani permintaan Internasional. Yah, Malaysia, Singapura, dan Arab Saudi diantaranya. Kewl!

Bolu Gulung Meranti

Satu jenis kue lagi yang mungkin bakalan famous sebagai buah tangan dari Medan adalah BOLU GULUNG. Bolu Gulung MERANTI namanya. Saya tidak sadar kalau bolu ini JUGA sudah terkenal diluar Medan. Waktu saya dibeberapa kesempatan lalu mengirim Bika Ambon ke pak Murlen Tambunan, redaktur majalah SIGNAL (majalah interen Telkomsel), dikantor pos saya lihat banyak kotak-kotak bika Ambon mau dikirim, dan tak kalah banyak pula kotak-kotak bolu gulung Meranti siap dipaketkan. Wah, berarti sudah lumayan terkenal diluar. Buktinya banyak dipaketkan geto?

Saya jadi teringat (lagi) kemarin Mas Priyadi juga tanya ke saya, β€œBe.. Kalau beli MERANTI dimana? Ada yg pesan nih!” Hehe.. berarti tidak salah dugaan saya kalau Bolu gulung Meranti ini juga sudah lumayan dikenal di luar Medan. Mas Priyadi yang jarang ke Medan ajah tau?

Wah.. Wah.. Greattt.. Berarti tidak hanya Bika Ambon tapi Bolu gulung Meranti juga bisa jadi salah satu alternatif buah tangan dari kota Medan. Nanti kalau B-readers ke Medan, bolehlah dipilih pulang bawa apa? Bika Ambon atau Bolu gulung Meranti? Atau keduaya?

Hehehe.. Tapi yang unik, kalau bolu gulung Meranti, sebelum anda beli setidaknya harus di pesan dulu by phone, setidaknya 2 atau 3 jam sebelum diambil. Bisa sih anda beli jadi, ada beberapa toko kue di Jalan Krakatau yang sudah menjual Bolu gulung Meranti ini. Bedanya Be? Gag ada bedanya sama-sama keluaran Meranti kok, tp kalau dipesan dulu, geto kita ambil masih anget!? Slurpp.. Anget lebih kerasa! Duh, Rasa keju, mocca, nenas, coklat.. Slurp.. *elap-elap ences.. *

Bika Ambon Medan dan Bolu Meranti

Abe Poetra
*Silahkan dateng ke Medan, dan cicipi sendiri yah!
*Medan – semakin kaya rasa saja πŸ™‚

Advertisements

84 thoughts on “215. Bika Ambon Medan Versus Bolu Gulung Meranti

  1. Saya yang harusnya berterimakasih karena sudah “Officially” komentar di blog ini.
    Dan terimakasih info BIKA AMBON MERANTI nya yah.

    Ntar pas saya ke toko tak coba Bika Ambon Meranti nya.. πŸ™‚

  2. betul banget gan, bolu meranti sendiri memang sudah terkenal menjadi oleh-oleh khas Medan selain dari bika ambon itu sendiri.

    Anyway, bantu ngasih info gan Bolu Meranti juga menyediakan bika ambon lho, jadi kalo mampir ke toko kita di Medan bisa skalian beli bolu Meranti dan bika ambon Meranti.

    selain itu kita punya bika ubi Meranti, yang sama2 nikmat.

    Makasih mas Abe atas reviewnya πŸ™‚

  3. @Anggiat

    Thanks updatenya brother.

    Saya sendiri tidak begitu faham “sejarah nama Bika Ambon Medan”. Kenapa disebut Bika Ambon ternyata karena dari Jalan Ambon Medan.

    Again, thanks updatenya.

  4. Salam buat semua..
    Hanya sekedar info saja mudah2an bermanfaat, kalau “Bika Ambon” awal muasalnya berasal dari nama tempat pembuatan makanan yaitu di Jalan Ambon yang ada di sekitar Sei Kera-Medan makanya nama kue tersebut dinamakan Bika Ambon = Bika atau Bingka (sejenis kue) yang awal pembuatannya oleh si pembuat kue berada di jln Ambon (Medan).
    Kebanyakan nama kue atau sebutan jenis kue berasal dari nama tempat, si pembuat makanan, singkatan atau sesuai bahan yang digunakan bahkan dari nama keluarga dsb.
    So, sebagai orang Siantar-Medan, saya bangga punya makanan yang terkenal “Bika Ambon” (makanan khas Medan) walaupun itu bukan dari daerah Ambon sendiri.
    Maju terus kuliner Medan-Indonesia.. Horas

  5. Hi saya Dya…kamu tau ga websitenya bika ambon zulaikha?sy ingin order bika ambon nya tp ga tau websitenya apa?mau dibuat kirim di singapur.Tolong balas comment ini.makasih

  6. Saya tertarik buat business bika Ambon ini di Malaysia, kalau ada kawan2 yang mau kerja sama dengan saya untuk berbusiness bika ambon di Malaysia silahkan hubungi saya ya, saya udah 9 bulan tinggal di kuantan Malysia sebagai pekerja di oil gas company,Thanks dayat_ccipp@yahoo.com

  7. Buat teman-teman yang kerja di Banda Aceh atau tempat yang masih bisa dijangkau selama dua hari Saya bisa kok bantu kirim Oleh-oleh Bika Ambonnya…he…merek sih baru..tapi rasa boleh coba.. 😳

  8. Hai…Teman-Teman Saya punya Usaha BIKA AMBON. Merek sih belum Ngetop 😳 “MEGAH JAYA” Tapi mana tau.. teman-teman mau order, hubungi aja saya hp.08126098362 (24hour Online)

  9. Pingback: Cake Wakelin
  10. 67# Pengen Il?
    Mail maen ke Medan duonks, atau nanti kalau saya lagi di Medan tak beliin. Sekarang saya di Banda Aceh.. Kerja bro.. Kerja.. πŸ˜‰

  11. :smile:Wooh.. Yummy yummy.. Bolu Meranti dan Bika Ambon.. yach.. ga harus si toko “”anu”” yang paling enak dech.. bika ambonnya…

  12. dikirim lewat pos? ya bisa lah Lil. Biasanya kalau Jakarta dan Bali bisa 1 hari nyampek hehe..

    Napah Lil gag nyinggah Medan ajah daripada Bali? Biar maem Bika Ambon sepuasnyah.. *mbujuk *

  13. Be, bika Ambon itu bisa dikirim lewat pos nggak ya? Apa itu masih seger nantinya? Gua ini aslinya Medan, but not anymore, biasanya kalo makan bika ambon itu yg FROZEN lho. Pas mau ke Bali neh bulan Maret, kangen..kangen ma Bika Ambon! Ada temen neh yg bisa kirimin dari Medan ke Bali kalo emang tahan.

    Thanx for this interesting topic πŸ˜‰

  14. @rina

    hehe.. that’s okay! senang bisa bantu πŸ˜‰
    btw, rina orang medan yah? kalau memang lebih meranti nyah boleh dunks kirim ke abe
    *ngarep.. *

  15. kalau alamat Bolu Gulung Meranti yah di Jalan Meranti. Tapi kalau misalnya mau beli gag bisa langsung ambil.. HARUS PESAN DULU! Biasanya telp dulu, kira-kira 2 atau 3 jam baru di ambil atau mereka anter!

    No Telp Meranti
    ——————
    061-4538217

    info buat semuanyah jugak πŸ˜€

  16. Aslinya dari Meranti ^^ hieheihie (klo gak salah denger sih dulu masi buka di rumah kakak yg buka bolu, cuma karena udah sukses pindah tempat baru jadi di Jalan Kruing :P)
    Tapi Lapis Legit juga bisa jadi alternatif loh buat oleh2
    Ho`oh

  17. Wah belon pernah ke medan nih abe, pingin juga, katanya bagus ya di medan… siapa takut borong semua bika ambon….hehehe suamiku paling suka tuh… disini ga ada yg seenak bika ambon dari medan.

    eh ngomong2 resepnya apa ya be? hehehe sapa tau kamu bisa bikin ato ibu kamu??

  18. met kenal juga Nin..
    hehe.. kalau ke medan boleh tuh abe anterin..
    kalau mau kita borong semua bika di jalan mojo pahit hehe.. emang sanggup apa?
    btw, dah pernah ke Medan?

  19. met kenal abe, bikan ambonnya emang terkenal sampai luar negri tuh… kemarin pulang aku bawa trus ada orang yg ke NL, dibawain lagi, abe kalo kesini bawain juga ya πŸ™‚

  20. Maaf semua, saya bicara dlm bahasa malaysia. Emangnya saya dari malaysia. Saya berminat ingin tahu lebih lanjut mengenai BIKA AMBON, KEK LAPIS LEGIT dan BOLU GULUNG MERANTI. Ada sesiapa yang bisa berbicara. Jika di izinkan saya mahu memasarkannya di Malaysia…..nazdrin@yahoo.com

  21. Maaf semua, saya bicara dlm bahasa malaysia. Emangnya saya dari malaysia. Saya berminat ingin tahu lebih lanjut mengenai BIKA AMBON, KEK LAPIS LEGIT dan BOLU GULUNG MERANTI. Ada sesiapa yang bisa berbicara. Jika di izinkan saya mahu memasarkannya di Malaysia…..

  22. 41# wah.. chris pernah buat bika yah?

    42# nah poet! bika tuh gag cuma ada dimedan ajah, ditempat yg laen jg ada! πŸ˜‰
    ah, tapi entahlah!

    44# yupie! bener kamu usa boy! sirup marqisa kental sekaleee rasanya! bah? orang medan juga yah?

  23. uhm sebenernya Medan jg terkenal ama Syrup Marqisa nya.. udah gitu bihun bebeknya juga ueenaaak… apalagi yaa ?? hmmmm… cewek Medan juga okey loh hahahaha

  24. eh, kok malah jadi bika medan, bika ambon maksudnya.. ehehehe…

    41# emang bika ala medan yang gimana ya maksudnya? apa bika ambon ada di tempat lain? saya ga pernah tau, mungkin bisa dikasi pencerahan gitu, ganti πŸ™‚

  25. ough, bisa dipastikan begitu.. mungkin sekarang udah banyak macam dan jenisnya, tapi yang jelas, dulu begitulah awalnya bika medan..

    siapa penemunya, itu yang patut dipertanyakan, apakah datuk panglima kumbang? ihihihi

  26. @poetra
    Owh.. really! bener gag sih?
    nice to know it poet! thanks karena udah ngasih tau! bah, aku gag geto tau sih! hihi.. orang medan sendiri kebanyakan gag tau! πŸ˜‰

  27. begini, saya sebagai orang medan yang baik, sangat bisa menjawab pertanyaan ini.. kenapa namanya bika ambon, instead of bika medan?

    gak, bika ambon sama sekali ga ada kaitannya dengan Ambon, dan bika ambon asli dari medan..

    dinamakan bika ambon, karena bahan dasar pembuatan bika ambon, adalah pisang.. dan nama pisangnya, pisang ambon.. aku rasa yang tinggal di medan tau gimana namanya pisang ambon itu, mungkin di daerah lain juga ada..

    begitu, saya menjawab pertanyaannya dengan sebisa saya πŸ™‚

    btw, kak abe, aku dah di bandung πŸ™‚

  28. hahaha… emang iya tuh, kenapa bika ambon justru beken di medan ya? pertanyaan yang tidak akan terjawab kah? hihihi…

    hwa hwa hwaaaa…
    kamu inih… aku merasa tidak diperhatikan deh 😦

  29. iyah Abe.. si mata seksi heheh.. :p heran jugak tuh berita.. uniknya mongken cuman karena idung tuh anak udah di perut anjing dulu kali yaa hahaha πŸ˜€

    morning morning, Be! πŸ˜€

  30. be, laper πŸ˜‰
    minta dikirimin dong dua jenis makanan tersebut?
    bisa kan be?
    asal miscall abe dulu ya? or telp dulu? kekeke…gratis ya!!

  31. jadi dahulu kala orang yang menemukan resep bika ambon tersebut mengalami disorientasi, jadi dia pikir sudah berada di ambon, dimana kekasihnya berada. tadinya kue itu hendak diberikan kepada sang kekasih sebagai bukti cintanya.. wah!tapi sayang sekali, dia salah arah, nyasar ke medan, dan mati menderita. fosil bika ambon pertama diidentifikasi dibuat tahun 500 SM. demikianlah.

    bika ambon dan bolu meranti? kalo bandung.. apalagi.. bolen kartika sari, bronis prima rasa, batagor riri, siomay hokky, bronis kukus amanda, baju-baju factory otlet..

    euh. panjang betul komen ini.. ^^

  32. wah vi3 pernah dikasih oleh2 bika ambon medan.. sed dah.. ketagihan bow!! kapan ya ada yang ngirimin lagi? πŸ˜€

    btw,vi3 gag prei.. cuman libur ngajar.. tapi tetep jaga warnet.. πŸ˜€

  33. halaah..tu kan jatahnya kenken ama miko..maunya yg d dompet ajah ato yg bii bole jg..kikik..*eh gk bole intak duit udah mo tmt cekolah..ntar aj tunggu kuliyah..*eh kok jd bhs duit bknnya kueh..

  34. wakssssssss………bukannya itu foto bolu meranti hasil traktiran abe..karena tulisannya dimuat di majalah SIGNAL t`sel?..
    hmmm….
    pizza nya kan belom..kapan??
    *sambil melihat jam*

  35. haiiiii cowok bermata seksiiiiii! :p hahahahahaw.. btw, kalo ende terkenal dengan kolak jagungnya kali yeee heheheh :P~ met sunday ya be.. ituh kuweh2 nya bikin ngilerrrrrr.. bawaannya laper nih.. soale ujan mulu euy!
    web abe bisa dibuka kok πŸ˜€

  36. MERANTI?
    wah wah berarti kemaren yg dibawa tante kuh dari medan boleh meranti inih yah be? (liat gambarnyah) yummyy,,, slurrpp..

  37. @ubuy
    hehe.. mau? ke medan dunks!

    @geblek
    boleh jok.. boleh jok.. nanti yah!
    eh, tukeran sama maxtor boleh?
    *gag mau rugih.. *

    @zein
    kamu kemarih! inih masih ada 1 kotak lagi bro πŸ˜‰

    @fanny
    tuh, ambil di kamar kuh ajah, diloker lemari plastik sebelah kanan! *tau kan.. *

  38. hehehehehhe…bika ambon sama bolu gulung???? yummmmiiiiiiiiiiiiieeee… apalagi bolu gulung yg dibeli abe dari honor hasil tulisannya di signal….uuuueeeeennakkk tenan πŸ™‚

  39. hehehehe, sama aja di Bandung juga gitu. biasanya yang minta oleh-oleh lebih update daripada orang Bandungnya sendiri. orang Jakarta itu tauuu aja kalo ada makanan baru di Bandung :).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s