226. Bolu Gulung Meranti, Halal kah?

Beberapa waktu yg lalu, saya sudah cerita kalau buah tangan atau oleh-oleh dari medan tidak hanya Bika Ambon, tapi Bolu Gulung Meranti juga sudah dikenal luas sebagai komiditi kota Medan. Hmm.. kali ini kita khususkan bicarain Bolu Gulung Meranti atau singkatnya Bolu Meranti aja.

Saya gag tau persis hembusan gosip ini datangnya dari mana, tapi beberapa person yg saya tanyakan tanpa ragu meng-iya kan. Mulanya saya tidak percaya dan beranggapan gossip miring tuh, tapi akhir-akhir ini gossipnya makin santer. Gossip paan sih Be? Hmm.. gossip nya adalah.. (lihat kanan kiri sembari bisik.. hehe.. berlebihan..) hmm.. katanya sih Bolu Gulung Meranti itu TIDAK HALAL.. Bahh.. Gimana tuh?

Kenapa tidak halal Be? Ini masih katanya sih. Katanya Bolu Gulung Meranti menggunakan “Minyak Babi” yg notabene HARAM dikonsumsi umat MUSLIM. Argghh.. sedianya saya tidak rela sekali mendengar gossip ini dari fanny. Arghh.. tidakkk.. saya tidak rela Meranti dikatakan haram. Pun, saya tidak izin dan ikhlas kalau meranti dibilang gag boleh dimakan. Slurrp.. kebayang lembut rasanya atau nikmatnya perpaduan rasa antara selai baik nenas atau mocca (my fave) yg digulung oleh bolu yg sumpaahh.. beneran lembyutt dah πŸ˜‰

Kontroversi ini dimulai waktu si fanny bilang ke saya ada beberapa orang yg mengatakan GAG boleh maem Bolu Meranti karena tidak halal. Wah, saya langsung layangkan suara sumbang untuk protes dia. Doi cerita kalau suatu ketika pernah anak-anak Indosat mesen Bolu Meranti, teros karena penasaran ini bolu kok PeWe rasanya mereka tanya ke pegawai meranti yang kerja disitu. Ternyata si pekerja jawab enteng β€œGimana gag lembut plus enak, wong kita kasih minyak babi di dalamnya” Arggghhh… saya emosi, marah, tidak percaya plus cubit-cubit pipi sembari bertanya dalem hati β€œApa iya sih? Apa gag mimpi” (Parabola saya..)

Beberapa waktu yg lalu juga, saya tidak tau persisnya kapan. Seorang temen saya, katakanlah namanya Diemaz (memang nama sebenernya ding), anak Indosat juga bagian IT HelpDesk nyampur Support. Doi yg notabene Islamnya lumayan kaffah dari pada saya yg dulunya nyembah batu ini, pernah tanya juga ke pekerja di Meranti itu. Doi tanya bener gag dalam kandungan Bolu Gulung Meranti ada unsur Minyak Babi-nya? Arggghh… Dua kali sodara-sodara semakin meyakinkan saya.. Argghh.. saya nyah gimana? Ah, saya nya tetep aja denied tuh pernyataan. Fave saya tuh Bolu, kesukaan saya, masak sih haram? (balek lagi cubit-cubit pipi, tapi kali ini saya pake tang biar yakin ini bukan mimpi)

Keyakinan saya semakin pudar, waktu saya perhatikan bener-bener di famplet yg dipajang di Jalan Protokol Gatot Subroto (sebelum Medan Fair Plaza, setelah bunderan Yuki Majestik dekat Nokia). Disitu tidak dicantumkan Sertifikasi Halal dari MUI? Wah, bener nih saya fikir. Teros waktu maren, sehari sebelum fanny pergi ke S’pore, kita berdua mimik di Es Teler 77 dan sengaja lewat (eh, nyasar sebenernya ding, gag sengaja) depan Jalan Kruieng posko pusat nya Meranti, eh, disitu juga gag ada pemberitahuan atau label-label yang menyatakan HALAL. Wuih, klop sudah.. saya jadi semakin ragu-ragu. Kalau dalam agitasi *halah.. * yg saya anut sekarang ini, kalau RAGU lebih baik gag usah.

Beberapa waktu lalu si fajrie temen saya yg bekerja di InfoMedia cerita, waktu mereka hendak update data untuk no telp Meranti, terang-terangan owner nyah (dialek chinese kental) nolak tuh Bolu Gulung dimasukkan ke kategori makanan, sehingga kalau orang-orang nyarik no telp Meranti di Halaman Kuning lebih gampang. Hmm.. disini kalau boleh saya indikasikan ada hal yg ditutup-tutupi. Dua hal yg bisa saya jadikan kesimpulan, dari pernyataan pekerja disana dan dengan tidak adanya SERTIFIKASI HALAL, saya anggap Bolu Gulung Meranti ini TIDAK halal.

Inget yah, ini sih pendapat pribadi saya dan mungkin pendapat pribadi beberapa orang (lirik fanny dan mama nya serta tante-tantenyah). Jadi kalau ada orang atau pihak yg dirugikan atas tulian ini saya MINTA MAAF sebesarnya. Dus, ini pendapat pribadi saya dan saya juga tidak pernah meneliti ingredients apa yg dipakai dalam bolu gulung ini. Tapi

Thread kali ini TIDAK berusaha menyudutkan Meranti, menggiring opini pembaca, ataupun terang-terangan membuat benci Bolu Gulung Meranti, TIDAK saya katakan tidak. Ya, saya tidak menggiring tapi mengangon pembaca.. Lho? (emang kerbau apa diangon?) Hampir sama seperti thread yg dibuat oleh Priyadi yg ngebahas Status Halal Hoka-Hoka Bento dan BreadTalk, saya juga hanya bermaksud menginformasikan πŸ™‚

Oke segini aja dulu, kalau ada yg mau counter balik atau mau caci maki silahken..
Hehe.. saya terima lapang dada (asah-asah sabit.. tringg.. tringg..) Silahken.. Silahken.. πŸ˜‰

P.S.
Alhamdulillah kemarin saya sudah Test Kesehatan untuk kerja di Tsel!
Phiuh.. Do’akan saya yah πŸ˜‰

UPDATED:
Bolu Gulung Meranti Sudah Berlabel HALAL

Bolu Gulung Meranti? Hmm.. Halal kah?

Abe Poetra
*Ada yg lebih tau tentang kebenarannya?
*Saya pribadi tidak sarankan lagi untuk mengkonsumsinya πŸ˜‰

93 thoughts on “226. Bolu Gulung Meranti, Halal kah?

  1. ga menggiring kok satu halaman arah ke situ terus tai, pak tinggal lep tapi dia doang yang ga makan

  2. Kalau mau lihat sertifikasi Halal MUI sudah tercantum di poster bolu meranti latest update ……….lagi pula semua bolu yang pernah saya coba di luar negeri termasuk cina dan jepang nggak ada pake minyak babi saya tahu karena saya kebanyakan bekerja di pastry dan bakery kalau untuk jenis cake manis yang umum nggak pake dan memang bukan bahan standard buat cake yang bikin enak bolu meranti mereka pake mayoritas kuning telur dan banyak susu untuk kebanyakan bolu di asia yang suka bolu lembut dan padat tapi untuk kondisi ekonomi saat ini mendingan buat sendiri hemat 50 % plus nggak usah pake kotak ok GOD Bless everybody

  3. setau saya sejak kapan ya buat bolu bisa sukses kalo pake minyak babi??????
    sedangkan gorengan mau renyah aja ngk bisa pake minyak babi…

    ngk masuk akal… kalo takut ya ngk usa makan..kok susah….

  4. gimana ya menjelaskannya.

    saya sendiri orang medan dan tau jalan ceritanya. dulu, bos pemilik bolu gulung meranti itu adalah penjual babi potong di pasar petisah. ada juga ternak babi nya. kalo ga percara, tanay aja pedagang babi disana. bosnya namanya asun.

    awal buka bolu meranti itu dilakukan oleh sang istri. sang suami masi saja menjual babi potongan.

    nah setelah sukses, masa lalu tersebut juga ikut dikubur supaya ga ada yang tau. bosnya ga lagi jualan babi supaya ga ada yg tau. krn pasaran mereka tentu orang muslim. kalo sampai ketahuan, bisa gawat.

  5. emangnya minyak babi murah apa?mahal bok…lgi pula br pertama kli dengar bolu gulung pakai minyak babi…jangan mudah terpengaruh orang dong….itu cuma kerjaan orang sirik…jdi menurut gw aman aman aja di konsumsi…

  6. Lagu Lama kaset Baru kalo ada makanan Enak ,Iri,dengki,Gosip…..jangan ragu lagi makan Bolu Meranti ada sertifikat halal kok barusan sdh saya teliti yang sekarang jadi masalah tidak ada tgl ex payed….( bisa dimakan sampai tanggal berapa)

  7. itu kan hanya orang orang yang iri aja mau menjatuhkan ,kalau makanan enak dimana mana di gossipin,barusan saya makan jelas jelas ada label tulisan arab nya Halal kok
    mau apa lagi?? Nggak gampang minta sertifikat begitu dari MUI……yang penting hati kita bersih…ngaca dulu kalau mau Gossip teliti baru ngomong..Gw nggak ragu lagi makan bolu meranti,Emang ENAAAAAAAAAAAAAAAAk kok….

  8. http://www.bolugulungmeranti.com/

    Mungkin Blog anda ini perlu ditinjau lagi or lebih tepatnya diralat ………. Diatas sudah saya copy kan alamat website Bolu Meranti Medan dan juga bisa anda lihat Logo HALAL yang tertera disana….. dan setahu saya bahkan KOTAK nya aja juga dicantumkan logo halal tersebut.

    Thanks

  9. Sebetulnya terlepas dari halal atau tidak (untungnya sudah halal dilihat dari thread sebelahnya bahwa meranti sudah ada label halal), sebetulnya tanpa minyak babi pun kita mudah koq membuat kue bolu gulung seperti meranti ini………… resepnya adalah gunakan kuning telur berkualitas dan banyak serta tepung terigunya sesuai takaran (jangan terlalu banyak tapi secukupnya) dan kemudian gunakan mentega berkualitas, serta untuk isian gunakan isi juga yg berkualitas dan pastinya tebal maka akan didapatkan kualitas bolu seperti bolu meranti yang enak dan lembut.

    Sebetulnya kue tersebutkan sama seperti resep bolu surabaya…………… semakin banyak kuning telurnya dan semakin berkualitas menteganya maka kue yang dihasilkan makin enak dan makin lembut……………….. cuma hal tersebut akan membuat harganya jadi mahal…. terkadang penjual karena ingin untung besar makanya mereka mengurangi bahan atau menggunakan bahan dengan kualitas no. 2…..

  10. betul, betul pak. ini namanya sudah mengandung unsur rasialis, janganlah menulis hal seperti ini. dan setahu saya yg suka b ikin kue,bolu lembut bukan dari minyak pak, yp bener dari soft mix atau sp, ok.

  11. Maknya 1 lg neh

    Eke jg muslim yg buat blog ini HArom eke bilang napa

    1. Menyebarkan info belom tentu benar.
    2. anda menulis di situ ada rasialis
    3. ada unsur halal and tidak halal anda menyingung Agama.

    Jadi umat muslim kalo beli sesuatu and tidak ada sertifikat halal ga usah anda beli , GItu aja kok repot kalo sampe membuat blog kaya gini Kamu Sudah berbuat Harom apa lg ga tau kamu bener ato tidak nya, Saya rasa cukup kita diam saja ga usah buat blog yg kaya gini ini anda menyebarkan info yg belom tentu benar kalo anda di luar anda telah melakukan internet crime menulis blog berisi sesuatu yg tidak benar .
    Saya harap blog Kamu Ini yg Harom Tolong Kamu Segera tutup .

  12. Nah Sampe sekarang blom ada kejelasan halal ato haram tapi saya kemarin baru beli buat oleh2 pulang ke bandung saya liat di situ ada label halal nah kalo sampe saya mam ternyata haram MUI harus bertangung jawab , JGN2 MUI jg mau cari duit izin nya sembarangan

    Memang kt umat muslim ga ada label halal berarti kita ga boleh konsumsi , Tapi yg paling parah nya lg dah jelas2 minuman keras
    seperti

    ARAK, BEER , Vodka Dah jelas haram Masih DI konsumsi ini menurut saya sama saja .
    haram bukan hanya babi tapi semua yg di haramkan agama kita tidak boleh kita lakukan , ga makan makanan haram tapi perbuatan kalian Haram jangan seperti itu ya perbuatan merugikan orang itu lebih haram hukumnya konsumsi inex lebih haram lg.

    Ga makan babi tp kalian konsumsi barang Haram and berbuat Harom Kalian Sama Aja Manusia HAROM .

    inget ajaran mas jgn hanya babi yg di harom kan. ya

  13. Ya ampunnn??? Baru baca n baru tau..
    Logika logika logika..
    M.babi pembuat kueeee??? Hahahaha
    Bau babiiii itu..tp ya maklum lah kan blm pnah maem babi jd ga tau klo m.babi pasti bau babi..kayak olive ya bau olive..m.pete ya bau petai..dll
    Lagian mentega itu berapaan aja harganya?n mudah di dapat..
    Zaman sekarang stok m.babi ΓΌt k bahan kueee?? Cari dimana ??
    Ada2 aja hohoohoo

  14. and by the way anyway busway… gak cuman minyak babi loh yang bikin haram….
    karena bahan2 pembuat kue itu banyakkk banget yang belum bersertifikasi halal… bahkan kuas untuk mengoles kue ajah ada yang terbuat dari bulu babi…. so… bagi yang beragama muslim…. sebaiknya mulai pinter memilah dan memilih… dan kalo memang ragu… bener kata mas abe…. dihindarin ajah deh… πŸ™‚

  15. beli bolu gulung di rumah kue salsabila ajah… dijamin HALAL…. walaupun tidak bersertifikasi halal dari MUI karena merasa gak perlu (toh kita mengolah dengan bahan2 yang jelas2 halal, bersertifikat halal dari MUI) bisa di cek n ricek langsung ke lapangan ahahhahaha… monggo masss silakan mampirrrr ke rumah kue kitaaa

  16. aduh.. ribut halal ga halal, emang mau chinese yg punya kenapa? ga perlu kan di bahas chinese yg punya lah apa lah. lagian kalo pun mmg itu ga halal, ya suruh siapa kalian makan. memangnya harus halal makanan yg di jual di indonesia? nggak kan? toh dia juga ga declare itu halal.

    lagian, so nggak mungkin bolu di buat dari minyak babi. minyak babi apa ga bau babi? apa ga bau daging? please lah. pikir dua kali lagi…

    ga mungkin kue di buat dari minyak babi… emangnya bak pao yg isi daging babi, ato apa.. ini kan bolu.. cape dhe

  17. intinya yg buat web ini KONTOL, !!

    Kalo mau dagang, itu yg sportif !!

    emang ngehe kontol lo !

  18. jgn fitnah….

    kalo nga halal, jgn beli..

    paling ente dari barisan sakit hati ato dari saingan .

    halah…. jgn gini… ck..ck…

  19. Dasar manusia guoblog!
    Namanya kue itu mana bisa dibuat pake minyak babi. Tuolol!
    Tanya tuh ama ahli pembuat kue. Dasar sirik…

  20. Memang betul kata iqbal, memang kalo ada yang laris manis ajach pasti ada yang ga suka alias sirik akhirnya dijelekin dah tuch produk…. Setahu saya kalo minyak babi itu akan menimbulkan bau amis yang kurang enak, tetapi bolu meranti malah menimbulkan bau haram yang enak dan bikin lapar,… Nyam..nyam…:razz::lol:

  21. Tolong berpikir rasional. Bau lemak hewan di dalam kue itu sangat tidak enak, lho. Kalaupun ada minyak di kue, harus minyak goreng (minyak goreng itu nabati), itupun jumlahnya sedikit dibanding menteganya. (Pernah denger mentega dari babi?) Lagi, skrg akhirnya ada sertifikatnya, kali karena banyak orang menuntut sertifikat ini http://www.bolugulungmeranti.com/sertifikat.asp

  22. selalu aja ada yang sirik, klo melihat bolu orang lain sukses dibilg haram, gue sendiri tanyakan ke pegawainya setelah membaca blog ini, (sampe2 blog ini gue bookmarks) ternyata GA ADA YANG PERNAH BLG ADA MINYAK BABI, gue konfront ke pemiliknya (chns gitu) dan dia blg TIDAK MUNGKIN mereka memakai MINAYK BABI karena ini kan BOLU bukan tipe sayuran, tp KUE. (tp gue lupa nanyain logo halal)

    ada-ada saja, tapi spt kita ketahui, aq muslim tp bukan rahasia lagi MUI itu lebih byk haramnya, kenapa? karena utk mendapatkan logo HALAL, kita harus merogoh kocek sebesar 35 juta untuk ukuran cafe..lho kok gue tau? cafe temen gue didatangi oleh org yg ngakunya DEPAG (bkn MUI) tp mereka blg bahwa MUI butuh 30 juta TANPA harus MENG-INSPEKSI langsung.. en 5 juta utk surat DEPAG.

    nah nah nah…dari makanan kok lari ke DEPAG? mana aye tau…alhasil temen gue menghilangkan logo HALALNYA karena tidak mampu mengeluarkan 35 juta…

    so anda sendiri yang menilai!! logo itu amankah???? hanya duit yang bekerja…

  23. enak banget tuh meranti tapi meranti semua sombong sombong tapi ga apa apa yang penting dapat beli meranti aja.klo rame rame pun sering ga dapat bolu meranti.mau nya telepon aja tapi telepon sering ga masuk tuh.

  24. 59# & 60# Terimakasih untuk informasinya, Ilham!
    Jadi dengan informasi ini teman-teman sepenjuru tanah air bisa mendapatkan informasi dari official site-nya langsung πŸ™‚

  25. kalo ceritaku begini, nyokapnya temenku yg kerja di dep.kes datang ngecek ke situ dan waktu itu mereka disuruh membuat kembali bolu itu dan ternyata hasilnya gak seenak bolu yg biasa mereka jual, tapi yah ini juga bukan pengalamanku sendiri ya…:lol:

  26. 52# & 54# Ratnos
    Terimakasih atas masukkanya mas/mbak Ratnos. Mungkin info ini bisa berguna bagi yang lain. Kebetulan saya juga tidak begitu mengerti memasak, jadi beda RUM dan SODA juga tidak tau πŸ˜€

  27. ralat : …alkohol bagi Islam adalah HARAM…
    menjadi :
    …minuman beralkohol bagi Islam adalah HARAM…
    maaf dan terima kasih… 😎

  28. …yang PASTI, salah satu bahan dasar agar bolu dapat lembut & gurih adalah : RUM (rum merupakan minuman ber-ALKOHOL yang terbuat dari fermentasi sari tebu)…
    …alkohol bagi Islam adalah HARAM…
    …jadi bagi yang ingin membuat bolu dapat mengganti rum dengan minuman bersoda (soda termasuk yang halal – sejauh ini loh :mrgreen:)
    demikian sumbang saran dari saya…
    maaf bila ada kalimat yang keliru… πŸ™„

  29. 49# Johan
    Yah, saya setuju banget ini bolu eunyak sekalee, gag perlu dibilang! Tapi ya itu tadi.. LABEL HALAL nya gag ada! πŸ˜›

    50# Si lai medan
    Di DELI TV Medan? Lah, informasinya ini benar gag bro? Yang pasti kalau si pengusaha bolu gulung meranti ini bilang seperti itu berarti doikan TIDAK memikirkan konsumennya yg MUSLIM dan TIDAK TAHU apakah bolu itu HALAL atau HARAM?

    Arggh.. Kalau memang benar pernyataan si empunya seperti itu kita harus umumkan ke keluarga, sodara, kerabat, handai tolan (yg muslim tentunya) supaya TIDAK MENGKONSUMSI BOLU GULUNG MERANTI sampai mereka dapat sertifikasi halal dari MUI πŸ™„

  30. sekedar memberi informasi ajah, kalo ada yang nonton interview deli tv (medan) minggu lalu
    disitu ada interview dengan si empunya bolu meranti, topiknya ya wirausahawan sukses gitu deh.
    disitu muncul juga pertanyaan si reporter, “bolu bapak kan sudah terkenal dan dikonsumsi masyarakat luas, tapi kenapa sampai saat ini belum diurus sertifikat halal nya?
    dengan enteng si bapak2 chinese itu menjawab “EMANG ENGGAK HALAL KOK…..”
    nah looooo……..

  31. 47# reinie
    Iyah, seharusnya kalau memang SUDAH banyak TUNTUTAN masyarakat untuk LABEL HALAL Bolu Gulung Meranti itu, SEHARUSNYA pihak MERANTI mau tidak mau, mahal atau tidak mahal biaya pengurusan label itu atau ribet atau tidaknya pengurusan label HALAL itu tetap HARUS DIBUAT sehingga meyakinkan umat MUSLIM! Eh, ini kalau misalnya mereka MENGHARGAI umat muslim dan ingin menambah keuntungan!?

    Semula saya fikir tambahan ICON BARU yg terletak diujung kanan atas pamflet mereka bertuliskan HALAL, eh ternyata tulisanya “Tidak ada Cabang” hayahhh.. Mana label HALAL nya oii.. Meranti? πŸ˜‰

  32. iya nih…jadi ragu2.di makan aja or ga usah ya.abis enak bgt sih!:smile:tapi aku pernah klarifikasi by telp ke tokonya.dia berani sumpah kalo itu cuma isu doang.atpi setelah baca coment disini aku mo telp lagi deh, tanya kenapa ga ada label halalnya.Kue enak kok ya meragukan gitu ya…::roll:

  33. 45# venus

    Ribet yah nus?
    Tapi kalau misalnya tuntutan PASAR minta sertifikasi HALAL kenapa itu tidak diusahakan? Ehm, mengingat lagi BOLU MERANTI udah dikenal luas di Medan (Bahkan di Indonesia)

    Kenapa jika itu membuat MERANTI lebih diterima, mereka tidak membuatnya? πŸ™„

    Tempat makan di tempat kerja gua juga ada rencana untuk state HALAL di iklan promo.. semua alat masak dan alat makan sudah dicuci dengan tanah berulang kali untuk meyakinkan.

    Lho? Memang tempat makan ditempat kerja kamu MASAK apa? Kok harus dibersihkan dengan tanah segala? Apa pernah masak yang TIDAK halal? (eh, ini cuma nanyak, gak dijawab juga gak papa) πŸ˜‰

    TAPI kalau abe fikir, selama itu menaikkan margin keuntungan kenapa tidak dibuat? IMHO lho Nus! πŸ™‚

  34. Gua baru tau kalo ada berita bahwa bolu meranti tidak halal…

    tapi gua mau info aja kalau mau pajang tulisan atau label HALAL itu tidak boleh sembarangan katanya, harus ada sertifikasi dari MUI. dan untuk mengurus sertifikasi itu sangat ribet plus rumit.

    Tempat makan di tempat kerja gua juga ada rencana untuk state HALAL di iklan promo.. semua alat masak dan alat makan sudah dicuci dengan tanah berulang kali untuk meyakinkan. tapi terakhirnya tidak jadi, karena kalau beriklan dengan kata HALAL pada brosur tidak segampang itu. dan ternyata untuk urus sertifikasi MUI itu sangat ribet….

    So, tanpa bermaksud membela bolu apapun… gua hanya mau sharing bahwa to get the HALAL word on the published items isnt as easy as ABC.
    TQ

  35. jika memang enak pura2 gak denger gosip aja :wink:, sampai ada kabar yang pasti baru berhenti mengkonsumsinya πŸ˜†

  36. kalo gw blg seh coba aja bolu yg laen d medan.. bukan hanya bolu meranti doank kok. setahu gw bolu d C&F yg d jln mangkubumi juga enak.. gw seh doyan banget.

  37. arrghhh… apa gak ada pengganti minyak babi sih biar makanan bisa seenak yang ber-minyak babi?!

    Kenapa yang ber-minyak babi selalu enaakk?!

    :((

  38. BOLU MERANTI selama belum ada “Sertifikasi Halal” Abe belum berani makannya Ul!
    Tapi, kalau Uli yakin itu halal ya makan ajah! Jangan sampek ragu-ragu! πŸ™‚

  39. kemaren aku pul ke medan maksudnya mo bawa oleh2 meranti ke jkt tapi nyampe medan dapat kabar klo ternyata ga halal yahhh ga jadi deh
    akhirnya bika ambon lagi

    jadi sekarang dah halal belum sih be ??

  40. Walaaahhhh…!!! Hari minggu kemarin gw baru makan tuh kue yang dibawain bos gw.. sumpeh gw gak tau gosipnya kayak gitu.. Padahal mocca nya ueeennnaaakkk banget..

    PS: Salam Kenal..

  41. yang enak, ditinggalin? sedih juga siy Be. tapi cobalah dikau bertanya langsung ke yang bertanggung jawab.. apakah betul pake minyak babi? kalo iya mah.. udah enggak halal lage.. 😦 dan kalo gak halal.. pan gak bisa dinikmati semua orang..

  42. sebagai penggemar dan yang suka penasaran kalau bikin kue, aku jadi penasaran banget sama bolu ini.. Kk abe ntar tunjukin ya kalo aku ke medan.

  43. ehh..bie,
    kmaren roti yg kubawa untuk dikos2an itu juga dari meranti.mereka ada produk baru selain boleu..TORI MERANTI namanya..selain pake minyak babi juga oake lemak boekit..hahaha… makin mantap rasanya.

  44. 18# & 20# (fajri nenas)

    sejak kapan kao pake ‘saya’
    mo muntah aku.

    Meranti, bolu.. wah si abe cari bantuan sono ke tukang periksa makan halal LP POM MUI Sumatera Utara,

  45. Terimakasih atas infonya… saya juga pernah memikirkan kalau ada apa2nya dengan makanan lezat ini, padahal sudah terkenal tapi kenapa tidak ada label HALAL nya juga, semakin kuat dan yakin tapi emang belum ada yg bilang langsung, dan tulisan inilah baru yang memperkuat keyakinan saya, thanks atas infonya ya…

  46. kenapasih tiap ada makanan enak dan laku suka ada gosip pake minyak babi..

    dv sih cuek aja.. hokben dan breadtalk? my fave! huhu..

  47. GA PERCAYA!

    soalnya kalo pake minyak babi, tuh tepung gak bakalan bisa berkembang, minyak babi kan melekat banget, lagian itu kan kue bolu, yg dipanggang kan? bukan digoreng?

    kalo dipanggang gak mungkin banget pake minyak babi! kalo dibilang pastel ato bakmi ato pangsit pake minyak babi aku sih percaya aja karena itu mungkin.

  48. Halo Be, udah lama aku ga kesini ya.. Sekalian mau ngabarin kalo aku udah pindah rumah di : Pink Rebels

    Tolong diganti ya URL di blog kamu, hehehe.. gonta-ganti melulu ya.. abis yang satu udah ga tak bayar lagi domain sama hostingnya.

    Gimana kabarnya Be?

  49. Beberapa waktu lalu si fajrie temen saya yg bekerja di InfoMedia cerita, waktu mereka hendak update data untuk no telp Meranti, terang-terangan owner nyah (dialek chinese kental) nolak tuh Bolu Gulung dimasukkan ke kategori makanan, sehingga kalau orang-orang nyarik no telp Meranti di Halaman Kuning lebih gampang. Hmm.. disini kalau boleh saya indikasikan ada hal yg ditutup-tutupi.

    WeQ… buat klarifikasi mas be, prasaan kmarin yang saya bilang tuh “Bika ambon Zulaikha”. Untuk Bolu Gulung Meranti udah terdaftar kok dan PKS (Perjanjian Kerja Sama) dgn pihak Telkom juga dah berlangsung lama kok. πŸ™‚

  50. @Tahoo
    Boleh tanya Hoo, Napah mereka gag urus SERTIFIKASI HALAL sampek sekarang? πŸ™„

    Oh, iyah..
    Saya juga gag ada jualan bolu gulung atawa makanan serupa, jadi JANGAN anggap saya ditebengi orang-orang tertentu, di atas saya jelaskan ini MURNI pemikiran saya. πŸ˜†

    Eniwe, thanks untuk pemikirannya πŸ˜‰

  51. wah baru tau nih Be kalo ada bolu Meranti oleh2 dari Medan. selama ini cuma dpt bika ambon atau sirup markisa or terong belanda dari Medan

  52. heh..heh..kok nama fn dibw2 neh..duh ntar awak disomasi lg sm meranti..akhirnya dicritain jg diblogmu inih..setelah fn larang2 gak mempan juga..duh bie..bie..grrr..
    tp bener kita gak ucah maem lg yah bie..gak jelas soalnya..ntar klu udah ada cap halalnya br kita beli lg..hehe..*tetep selera..

  53. setau aku mereka bikin lembutnya tuh pake sejenis obat kue namanya soft mix kalo ga salah, yang namanya bolu jika di beri minyak selain margarin maka akan bantet gak mungkin bisa lembut lagipula minyak babi akan meninggalkan bau. mungkin itu cuman taktik marketing dari saingan. maklum aku orang medan.

  54. to : Dolly
    hehe.. gampang itu Doll, ntar tele-tele aja aku..

    to : tc
    sedap? nikmat? arggh.. gara-gara fanny dan kelen anak-anak indosat yg buat aku tau, coba kalau aku gag tau.. pasti ku hajar ajah. eniwe, thanks.. doain abe yah, maem nanti tunggu undangan c πŸ˜‰

    to : kidy
    Wah, berarti gag suka Bika Ambon yah Kid? gag pernah coba Meranti? Gud lah..
    Btw, nanti kalau Abe ke Wisma Mulia tak tele-tele dulu, jadi Nuy bisa nitip. 😎

  55. kalo dari medan, saya selalu bawa manisan jambu dan teman2nya. ndak ada yang lain πŸ™‚

    be, kalo ke jkt mbok ya bilang2
    kan bisa nitip tuh manisan πŸ˜€

  56. justru disitulah be letak sedapnya + nikmatnya..
    gak usah pedulilah be…wong enak koq dilarang.. πŸ˜†

    btw..selamat ya mudah2an yang terbaiklah yang didapet, makan2nya jgn lupa..:wink:

Leave a Reply

