257. Yahoo!, Time Capsule, dan 2 Maret 2020

Lagi-lagi saya basbang deh! Entahlah, ini gerakan basbang yg kesekian kalinya saya gagas. Hihi.. Bukannya saya bangga akan kebasbangan ini tapi mana tau ada lagi teman-teman yg gag tau jadi dengan baca ini selamatlah dari kebasbangan hohoho.. Seperti kartini bilang “setelah basbang, terbitlah gangbang” Lho?

Pernah denger yang namanya Timecapsule? Yoih, kapsul waktu dimana memiliki tujuan menyimpen sesuatu baik sengaja ataupun accidentally by nature, atau karena memang tersimpan oleh alam. Kapsul disini dimaksud bisa kotak, bisa boxes (sama yah hihi..), bisa juga dikubur, yang penting sepes lah, be-ruanglah.. Yah, kira-kira seperti itulah..

Sederhananya, sebagai permisalan saya sengaja simpen surat-surat cintah (hare gene) di taon 2000 lalu dan rencanannya nanti saya akan buka ditaon 2050, yg berarti 50 tahun dari tahun 2000. Saya simpen dikotak, teros kotaknya dikubur dalem tanah dibelakang rumah. Nah, nanti setelah 50 tahun saya buka kotak itu (baik sengaja ataupun gak sengaja) untuk mengingat memori yg tersimpan disitu. Dengan begini bisa dikatakan kotak itu adalah Abe’s Time Capsule, yg dibuat dengan cinta kasih dan penuh perjuangan.. *Halahh..

Yahoo! juga berfikiran ini akan “menyenangkan” dan “eksaiting” kalau punya TimeCapsule juga. Jerry Yang bilang “Ini bukan hanya tempat penyimpanan tapi juga peradaban” Halah, terserah doilah mau bilang apa yg penting ini unik saya fikir. Terciptalah Yahoo! Time Capsule (maaf, tautan sudah ditutup) yang dibuat oleh Jonathan J. Harris (yang juga pencetus ide 10×10, berita interaktif Yahoo! selama 10 tahun belakangan ini).

Sedikit cerita tentang Kapsul waktu-nya Yahoo! tadi. Ehm, Yahoo! Time Capsule dibuat sama seperti timecapsule lainnya yg nantinya dibuka dikemudian hari. Untuk pengisian, kita diberi waktu 30 hari (dari tanggal 10 Oktober 2006 dibuka dan ditutup tanggal 8 November 2006). Diisi oleh mahluk dari segala penjuru bumi ini. Isinya? Yah macem-macem, ada 3 kategori file yaitu : teks, gambar, dan file video. Terserah kita mau ceritakan cinta, kepedihan, kegembiraan, harapan, dan tentunya terserah baik penting ataupun gag penting.

File-file yg sudah disimpen Yahoo! dalam kapsul waktu ini akan dibuka nanti 2020, tepat di hari ULANG TAHUN YAHOO yang KE-25. Tepatnya 2 Maret 2020. Hmm.. 14 tahun? Apa yg terjadi kedepan tidaklah bisa kita prediksikan. Bisa jadi Yahoo! sudah tidak ada lagi alias bangkrut todemaks, atau bisa jadi saya, kamu, dia, mereka yg mengisi kapsul itu tidak ada lagi. Hanya saja kalau bekal iman kita sudah ada, pasti tidak takut lagi menghadapi masa depan, akan berbuat baik dan benar mengikuti jalan-Nya, Amieen.. (Ya, ya.. Tidak nyambung dan saya tau) 😀

Segitu semangatnya Jerry Yang kampanyekan ini sehingga doi berani bilang “Yahoo! Time capsule akan menceritakan peradaban dan sosial”. Duh, saya tidak berani komentar apa-apa. Saya JADI PENGEN TAHU seberapa banyak sih blogger indonesia yang memakai fasilitas kapsul-waktu ini? Saya ada 2 masukkin (Tertanggal 13 Oktober 2006), tentang kepedihan dan tentang cinta. Hmm, kedua tautan sengaja diarahkan Yahoo! ke halaman depan Yahoo! Time Capsule, jadi memang tidak bisa diakses lagi.. 😀

Skrinsut re-open terakhir saya buka situsnyah :

Saya lupa jelasnya apa yg saya tulis di kapsul waktu ini (ceritanya panjang atau pendek jugak lupa). Tapi kalau diinget-inget lagi, kalau gag salah yah.. di “sorrow” saya tulis tentang Indra, teman kecil saya, satu smp, satu smu, satu kuliah beda jurusan, dan satu kerjaan. Semoga arwah-mu selalu diterima disisi-Nya bruh! Dan untuk “love” tentu saja saya tulis tentang fanny.

Oh, iyah..
Saya juga mendoakan perjuangan Regina, putri bapak eduard yang mengidap autism. Saya tidak kenal eduard (Jakarta, Indonesia) dan eduard juga sudah pasti tidak kenal saya. Tapi saya dan dia punya keyakinan yg sama, cinta orang tua akan menyembuhkan segala penyakit. Termasuk autis. Hope you sist get cured soon, Amieeenn!

Let, Yahoo! Time Capsule tell you.. 😀

Abe Poetra
*Sejujurnya saya lupak akan tutup tanggal 8 Nov ’06 lalu..
*Jadi tidak bisa masukkin foto prawedding dan momen lamaran disitu.. Dem!

23 thoughts on “257. Yahoo!, Time Capsule, dan 2 Maret 2020

  1. gak tau My Sassy Girl (bukan Sasy Girl Chun-Hyang) ada komiknya apa enggak. IdBan punya koleksi komik yah.

    nih tautannya: futureme.org

  2. huwaaaaa…
    telat diriku ikan gobiee…
    aku sebenarnya pengen masukin fotomu..
    segendut apa lagi kau tahun 2020 😆

    tapi yang menjelang weddingmu..
    kaya’nya kau perlu kapsul lah.. 😆 *ngacir…!!

  3. 12# Dan jangan lupa dibackup database-nya bang. Geto system blognya crash bisa langsung up dan content gag hilang. Tul gag? 🙂

    13# Huahaha.. Tebalik duonks Om Andri. Om yang baek itu gag pernah telat bayar, jadi adeknya digaji gag telat jugak.. Kita bisa simpen disuatu tempat, memang, tapi lebih asyik kalau Yahoo! yg simpen kan Ndri? 🙄

    14# My Sassy Girl nya kalau gag salah itu ada komik-nya juga kan? Ntar tak tanyak Idban deh! Situs kirim e-mail ke kita dimasa depan? Gag pernah Min, ada tautan? 😉

  4. time capsule mengingatkan pada salah satu adegan di film My Sassy Girl-nya Jeon Ji-hyun, cuma itu dibuka 2 tahun ke depan yah.

    sempat mau ikutan Yahoo Time Capsule ini, cuma kemudian aku lupa apa aku masukin sesuatu atau tidak.
    oya, pernah ke situs yang ngirim email pada diri kita sendiri di masa depan gak?

  5. @11 emang loe ponakan gw yah? ponakan yang baik membebaskan bill telepon om nya 🙂

    btw sebenar loe bisa simpen barang2 lama, trus loe segel n buka kalo inget ato udah tua

  6. waduh udah terlambat nih, padahal daku pingin masukin cerita cintaku..hhahahahah…tapi melalui website ini juga bisa, tapi tiap tahun harus direnewal lagi..hehehe

  7. 9# hihi.. tapi gak papa hon, pokoknya abang sempatkanlah masukkan foto fannkuh muwah.. muwah.. 😎

    10# lah, berarti lebih basbang Om andri daripada saya then.. Niwe Om, gagasan ini beneran unik yah! 🙂

  8. hiks.. ubieeee kok gk bilang2 ada Time Capsule kek gitu.. awak kan juga pingin ngisi foto ama crita2..:cry:
    bisa jadi taun 2020 anak kita udah besarr.. dan dia bisa ikutan liat.. kikik…:mrgreen:

  9. 1# Dapet kulkas ren! tapi beli dulu pake uang eluh, ntar kembaliannya utk luh aja gag papa..

    2# Norak sih iyah, tapi pengen jugakan ngerasain gimana sih file yg aku simpen 14 taon lagi? 😀

    3# GAG ADA! Yang ada bentuk jajaran genjang. Mau? 😉

    4# Kalau spek Abe sih gag tau. Kalau Y! masih ada atau gag 14 taon kedepan Abe rasa masih selama mereka pegang tekhnologi, tul gag? Eh, atau jangan2 nanti Y! dibelik Google? 🙄

    5# Wah, wah.. ide bagus! Argghh.. sayangnya udah tutup, DEM!

    6# Yeah, norak dan narsis tudemaks! *hi-five..

    7# Kantung ajaib maksudmuh, Cahyo?

  10. Aku juga ikutan loh… *halah*
    isenk sih… ya kalo memang masih panjang usia dan masih inget sih seru juga 🙂

    tapi temen2ku ada yg sok2an bilang norak gitu..eh pas diliat2 ternyata mereka ngirim juga 🙄

Leave a Reply

