258. TIME Person Of The Year, You.

Kemaren ketika hendak terbang ke Banda Aceh dari Medan, di Polonia, saya sempatkan untuk beli Majalah Time (25 Dec 2006 – 1 Jan 2007). Ternyata benar seperti yang mas Amal tulis diblognya kalau “kamu” yang berhasil menjadi Person Of The Year majalah Time. Selamat!

Seperti dideskripsikan singkat oleh mas Amal, sampul depan majalahnya sederhana, digambari dengan Personal Computer dan dengan tulisan satu kata saja, You. Saya sedikit menambahi, mungkin mas Amal LUPA TULIS (atau kemungkinan besar doi tidak baca majalahnya offline, karena hal ini beneran UNIK menurut saya). Masih dicover depan, dilayar monitor gambar PC nya sengaja diletakkan kertas kaca. Sehingga jelas sekali, teman-teman yg baca “Time Person Of The Year, You.” langsung kelihatan wajah teman-teman sendiri.

Semula saya juga tidak Ngeh, sampai pada waktu buka halaman ke-6 jelas sekali cover ditunjukkan oleh Richard Stengel, Managing Editor. Rick, biasa doi disapa, sedang pegang majalah Time dan refleksi wajahnya jelas tertampil dikertas kaca yg saya bilang tadi. Owalah, saya baru sadar setelah halaman ke-6 beibeh.. πŸ˜€

Ada 15 nama yang di-profile secara gamblang oleh Time yang tentunya berkaitan erat dengan Web 2.0, dan disini saya hanya akan tampilkan 5 yang menarik perhatian saya. Saya akan coba ringkas seringkasnya profil mereka. Tentunya kalau mau baca resume yang lengkapnya BELI duonk majalahnya. Hihi.. Gag enak aja nantinya Time nuntut saya atau lebih parahnya jambak-jambak rambut saya karena nampilin konten mereka tanpa izin. Eh, saya juga berbaik hati (halah..) untuk kasih tautan langsung agar memudahkan pemahaman kenapa nama-nama yang dibawah ini masuk daftar!

– Person Of The Year 2006, You. –

1. Leila, The Real Lonely Girl

Leila yang menciptakan karakter “Gadis Kesepian“, pernah juga sekilas disinggung ditulis detikinet (baca bagian : belajar dari Gadis Kesepian), benar-benar terkenal karena video diary atau video blog yang diletakkannya di Youtube paling banyak dilihat. Terlepas dari doi cerita fiksi ataupun beneran dari pengalamannya sendiri. Untuk melihat semua diary dan video dari Leila silahkan cari nama pengguna : “pppppanic” (dengan lima “p”) di YouTube!

2. Lane Hudson, The Washington Whistle-Blogger

Lane Hudson, seorang blogger dan seorang Whistle Blower, uhm, maksud saya Whistle-Blogger kalau Time menyebutnya. Sebenernya saya agak males cerita tentang doi dan skandal Mark Foley. Bukan karena anak ini lebih tampan dari saya, tidak juga karena saya iri dengan keberhasilannya. Akan tetapi karena Arggh.. di HOMOK! Anjirr, salah seorang fans-nya nulis diblog hudson “Lane, you made me very proud to be Gay since your courage exposed the corruption and nastiness blablabla..” Arggh.. Silahkan baca NewsForTheLeft langsung deh untuk lebih jelasnya. Hiiyyy..

3. Harriet Klausner, The Constant Critic

Harriet Klausner, tanpa bantuan web adalah seorang biasa dengan kemampuan yang luarbiasa. Kenapa luar biasa? Saya coba googling dan ternyata doi orang yg berpengaruh dalam membuat review sebuah buku. Bayangkan, 12.896 buku (saat Time menurunkan beritanya) yang sudah direview di Amazon. Sejumlah 12.896 berarti akan memakan waktu 35 tahun kalau satu hari me-review satu buku? Dahsyat!

4. Simon Pulsifer, The Duke Of Data

Simon Pulsifer, adalah seorang Duke. Yah, setidaknya The Duke Of Data. Terhitung sampai sekarang ada 2.000 sampai 3.000 artikelnya Wikipedia. Selain itu, doi juga memperbaiki sekitar 92.000 entri dari kontribusi yang masuk. Hmmm… Ini bukan kerjaan amatiran atau nyambi-nyambi saya fikir. Waktu doi ditanya Time, kenapa berminat sekali untuk memberikan kontribusi? Doi jawab enteng “There’s a certain addictive element”. Wah, wah.. ternyata emang doyan..

5. Blake Ross, Outfoxing Microsoft

Blake Ross, dengan nama lengkap Blake Aaron Rose lahir tahun 1985. Bersama Dave Hyatt doi menciptakan Firefox (Ya, browser yg sedang saya gunakan ini), yang secara perlahan menggerogoti pengguna IE ini. Saat ini Ross lagi ngerjain Parakey Project. Yang detail aplikasinya belum dipublikasikan secara lengkap, hanya gambaran bahwa project ini akan menjembatani antara web dengan system operasi desktop.

—-o0o—-
Yap, saya profilekan 5 berdasarkan kategori yg saya suka. Dan mereka-mereka yang di atas adalah CONTOH yang diambil. You berarti “kamu” yang mengendalikan zaman informasi. Lebih tepat lagi kamu yang bermain di Yahoo!, Google, Youtube, blogger, myspace, flickr, dan lain sebagainya. Means, Uhm, Koran Tempo dalam tulisannya “Andalah Pemenangnya” (tautan memerlukan user dan pass) juga membuat list Risalah Person Of The Year, so check it out!

Note : Gambar dan Berita diambil tanpa izin dari Time!

Well, Siapa Person Of The Year? Ya, Saya!

Abe Poetra
*Kira-kira siapa (apa?) selanjutnya yah?
*Hoahm.. Ngantuk, disini dingin euy..

18 thoughts on “258. TIME Person Of The Year, You.

  1. 8# GAY is HOMOK, HOMOK is not my type.. πŸ˜†

    9# Tapi validitas majalahnya masih kan!

    10# Kutu buku tuh Min..

    11# Hehe, selain blake Ross dibahas jg tentang pendiri YouTube!

    12# Setidaknya berbagilah TIA!

    13# Yah, saya juga binun dan kagum liat doi.

  2. Sumpah saya gak pernah baca majalah TIME seumur-umur, kali ini pun gak mungkin saya tertarik beli cuma gara2 review nya abe (walopun pengen banget liat artikel tentang Blake Ross). * googling aah*

  3. pas mbaca feeds reader rada kaget, kan majalah time yg itu udah terbit beberapa hari yg lalu. tnyata mas abe telad belinya πŸ˜€

    eh iya, sandalian.com masih aktip kok, cuman the.sandalian.com perlu pembenahan, jadinya nulis di blogspot πŸ˜‰

  4. 4# & 5#
    Iyah, beli duonk! Kasih bocoran, didalamnya ada cerita tentang Pendiri Youtube, teros ada juga dibahas tentang “second life”.. Pokoke keren deh..
    * Eh, kok jadi promosi yah πŸ™„ *

    6# Bwahaha.. Pasti anak kampus yah, Pasti! πŸ™‚

  5. 1# Amal
    Iyah, Saya baca halaman 6 baru Ngeh mas.. Saya duganya mungkin tidak ketulis sama mas Amal πŸ˜€

    2# Rendy
    Hihi.. Daku baru beli majalah-nya Rendy.Bencong.Slebor! Jadi, baru baca lengkapnya.. hiks.. Lagian tanggal terbitnya jelas sekali ditulis (validity) 25 Dec 2006 – 1 Jan 2007, yang berarti waktu Abe nulis ini memang majalahnya baru terbit secara resmi! πŸ˜₯

  6. Saya tidak lupa, Abe, melainkan… memang hanya baca Time edisi tersebut dari versi online. Berita itu pun saya peroleh dari catatan di Vox.com, terus saya datangi, wah… asyik — You!

    Hehehe…

    Terima kasih, sudah ditambahi dan diperjelas di atas.

Leave a Reply

