304. Pantauan Lewat Ponsel (Video Surveillance)

Oke, oke..
Pernah denger yang namanya “Video Surveillance” gak? Mungkin belum yah, hihi.. saya juga baru denger ding. Video Surveilance ini memungkinkan Anda untuk bisa mengawasi ruang maupun gerak gerik seorang hanya melalui layar ponsel. Oke, kita lanjuti 🙂

Kamera Pengawas

Anda tentu sudah biasa melihat kamera pengawas di sudut-sudut gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, dan bank. Rumah para pejabat dan pengusaha juga sering dilengkapi kamera pengawas yang terhubung dengan monitor di ruang petugas keamanan. Yup, kinda cctv gitu lah.

Dalam waktu dekat, melalui video surveillance, layanan baru Telkomsel, Anda bisa memiliki kamera pengawas tanpa perlu membuat ruang monitor yang harus ditunggui petugas keamanan. Anda bisa memantau rumah atau ruang kantor lewat layar ponsel Anda.

Seorang staff disini, Nursani Rahmatullah (VAS Telkomsel), bilang ”Kami mengambil referensi dari SingTel. Rupanya di Singapura ada demand untuk ini. Orang ingin memonitor kondisi rumah secara langsung kapan saja dan dimana saja”. Well, kita lihat apakah memang disini bakal booming.

Video Surveilance, LIVE!

Waktu kemaren meeting untuk acara MAN TELKOM, saya sempat ditunjukkan fitur ini langsung oleh mas Denny Abidin (panggilannya Abe, dulu artis padhyangan, sekarang manager PCM di Tsel), beliau setengah bisik ke saya. ”Eh Abdi, mau lihat anak-anak saya gak?” sambil ngeluarin hape. Saya fikir beliau mau nunjukkin foto-foto anaknya di HP. Beliau dial ke suatu nomer Telkomsel, terus pilih video call dan, whooss, nongol suasana rumahnya.

Dari HP mas Denny saya lihat anak-anaknya sedang berkolor ria bersama baby sister babysitter (thanks eko) lari ke sana kemari hihi.. Saya terperanjat keheranan. ”Eh, ini Live streaming mas? Ini langsung atau rekaman?” Mas Denny terkekeh ”Sssttt, ini LIVE, itu bebi siter saya. Mereka juga bisa dengar suara kita” Saya manggut-manggut kayak marmut.

Beliau lanjutkan ”ini program baru anak-anak VAS. Belum di launching, bahkan belum dikasih tarif”. Wah, saya kagum. ”Ini bisa juga monitor baby sister babysitter (thanks eko) atau pembantu, kerjanya beres gak sih? Anak kita dijaga gak sih? Seperti BABY GUARD gitu lah” Oh, gitu yah mas, saya ngangguk-ngangguk ngantuk faham. 😉

Sebenernya layanan ini memang belum di launching, kemungkinan besar dalam waktu dekat ini. Berdasarkan informasi dari mas Denny juga, ini fitur akan ditawarkan ke pelanggan Priority Telkomsel dulu sebelum dijual bebas ke seluruh pelanggan.

Layanan ini akan bisa dinikmati oleh semua pelanggan Telkomsel (simPATI, Kartu As, dan KartuHALO). Karena layanan ini bermain di wilayah 3G, maka perangkat yang dibutuhkan adalah ponsel 3G, maka perangkat yang dibutuhkan adalah ponsel 3G serta SIM Card yg sudah diaktivasi jaringa layanan 3G-nya. Sementara perangkat luar yang dibutuhkan hanya kamera khusus dan SIM Card.

Cara Kerja Video Surveilance

Sebagai gambaran cara kerjanya, pelanggan nantinya akan membeli kamera khusus yang disediakan oleh Telkomsel (kisaran harga belum pasti, 1,5-2juta sudah termasuk SIM Card). Rencananya seperti yg saya tadi tulis di atas, fitur ini akan ditawarkan dulu ke pelanggan priority, kemudian nantinya ke korporasi, kalau memang animo tinggi, fitur ini akan dijual reguler di semua GraPARI Telkomsel seluruh Indonesia.

Didalam ”kamera khusus” tadi dimasukkan SIM Card ke dalam slot dibelakang kamera. Ketika lampu kedip menyala, berarti kamera sudah bisa digunakan. Letakkan kamera di daerah yang perlu dipantau. Dengan menggunakan ponsel Anda, hubungi nomer SIM Card yg dikamera tadi. Maka dilayar ponsel akan terpampang gambar yang diambil oleh kamera. Yeah LIVE.

Praktis? Ya eyalah, praktis banget kalau saya boleh promosi (hihi.. dari tadi memang ngapain?).

Keunggulan lainnya adalah kualitas gambarnya yang tajem (tergantung jenis ponsel dan harus berada dalam jaringan triji). Oh iyah, kamera ini juga dilengkapi dengan infrared. Jadi kita bisa tetap memantau kondisi tempat yang diinginkan meskipun dalam keadaan gelap.

Berbicara masalah keamanan, kamera ini dilengkapi dengan PIN. Orang pertama yang menelepon nomor SIM Card akan menjadi administrator. Dialah yang bisa menggunakan fasilitas video surveillance, selama tidak memberi tahukan PIN-nya ke orang lain.

Negatif Effect

Saya discuss ke temen disini. Saya bilang MANTAB juga kalau bisa makai fitur itu yah. Saya bisa pantau Athallah tiap jam, dia ngapain aja sama pembantu kami. Hihi, jadi si pembantu kerjanya bisa dimonitor per jam, sesuai keinginan saya. Ih, pokoknya enaklah, 2juta berapalah demi anak. (sok orang kaya wanabi hihi). Belum selesai saya ngemeng, seorang teman nyela.

”Gimana kalau ada yg iseng naruh fitur/kamera ini dikamar mandi?” atau iseng ”naruh kamera ini di tempat-tempat yg butuh privacy tinggi?”. Apa gak jadi boomerang bagi Telkomsel. Hehe iya juga yah. Tapi temen saya yg laen bilang ”Gak usah terlalu khawatir. Apa bedanya dengan CCTV coba?” Terus dia dengan semangat berkobar melanjutkan ceramahnya ”Seandainya kamu tukang buat parang, terus parang itu dipakek bukan untuk motong rumput atau motong belukar, tapi dibuat mbacok si Abe misalnya. Apa itu salah kamu yang buat parang? Kan nggak?”

Wanjrid, ekstrim bener penjelasannya. Tapi ya itu tadilah, setiap produk dikeluarkan selalu memiliki sisi positif dan sisi negatif. Positif atau negatif itu tergantung oleh yang menggunakan (towa). Iya gak coy? Yoi coy… 🙂

Credit to : Majalah Telkomsel Priority Feb-Apr 2008

Video Surveillance

Abe Poetra
*Eh iyah, jangan-jangan ini kerjaan si Kidy yah?
*kalau gak salah dia VAS juga? hehe.. whatevah, yg penting kewl! 🙂

24 thoughts on “304. Pantauan Lewat Ponsel (Video Surveillance)

  1. 1# zizy
    Aku gak gitu tau kali daerah Jakarta kak, tapi kalau kakak mau pesan biar aku carikan materi promosinya. Kayaknya disitu ada alamat toko-tokonya. Email kakak japri-kan aja ke aku! (itu beneran yg zizy@yahuu?)

    ^_*

  2. Abe.
    Dimana bisa pesan itu untuku aku di Jakarta ini? Aku dari beberapa bulan lalu da pengen beli tp blm sempat-2 krn taulah Jkt ini jauh2… trs takutnya pas barang lg ga ada pula.

    Rumahku di Duren Sawit – Jakarta Timur. Di situ 3G Tsel oke ga yaa…

  3. Be, gw juga dah berhasil untuk streaming dari HP dan internet. Biayanya pasti jauh lebih murah krn gw pake provider yang saat ini biaya internetnya unlimit cuma 100 rb/bulan.
    Cuma gw pasang dvr standalone.:smile:

  4. gitu aja koq repot 😛
    cara yang mudah dan murah meriah, letakkan aja ponsel 3G yang murah, atau lebih baik beli second, kan ada tuh hape 3G yang harganya ga sampai 1 juta seperti SE K600.kemudian dimodifikasi sedikit tuh hape untuk tempat meletakkan hape pada tempat yang tersembunyi, ubah profil menjadi mode silent,ubah pengaturan panggilan dengan mode jawab otomatis setelah sekian detik.
    beres deh….tinggal video call aja kenomor hape yang jadi kamera pengintai tadi, pasti bisa….:eek:

  5. gitu aja koq repot 😛
    cara yang mudah dan murah meriah, letakkan aja ponsel 3G yang murah, atau lebih baik beli second, kan ada tuh hape 3G yang harganya ga sampai 1 juta seperti SE K600.kemudian dimodifikasi sedikit tuh hape untuk tempat meletakkan hape pada tempat yang tersembunyi, ubah profil menjadi mode silent,ubah pengaturan panggilan dengan mode jawab otomatis setelah sekian detik.
    beres deh….tinggal video call aja kenomor hape yang jadi kamera pengintai tadi, pasti bisa….:eek:

  6. sebagai warga negara yg sangat menjunjung kemerdekaan adalah hak segala bangsa, maka saya menyatakan: GAK MAU DIMATA-MATAIN
    *sok penting banget :mrgreen: *

  7. Be, kalo dah lonching mbok ya bikin paket beli 1 gratis 1 gitu..
    Jadi klo abe beli aq dpt gratisannya.
    Hehe maunya..

  8. eduunnnnn…….. asik banget yang satu ini; gimana kalo ditawarkan pertamakali ke ibu-ibu / keluarga yang 2-2nya working parents and tergantung sama babysitter?

    istriku pasti mau banget tuh…..

  9. Wah seru ini, setidaknya pasti nanti Matrix dan XL juga ikut ikutan.
    Bagus buat ditaruh di kamar kos anak anak kita kelak kalau kuliah di luar kota.
    Juga buat mereka yang mempunyai pacar indekos di luar kota. he he

  10. 1# Tarif disini adalah Tarif untuk biaya value-nya. Ya bisa ada bisa gak? Bisa kayak abonemen gitu atau sama sekali gada abonemen? Yang pasti belum fixed untuk dikomersialkan Hihi.. 😉

    2# Kalau untuk TARIF PULSA nya ngikut tarif standar Video Call. Tarif Video Call dan tarif Voice Call itu SAMA. So.. Murah? Well, kalau mantaunya (make fiturnya) sampek 3 hari ya lumayan juga, TIM’s 😀

  11. ini program baru anak-anak VAS. Belum di launching, bahkan belum dikasih tarif

    Yang di-bold, itu yang terpenting :tawa:
    Gimana kalau sudah commercial launch?

Leave a Reply

