Purge Deleted Items Blackberry

Sudah pernah menggunakan menu “Purge Deleted Items” di Blackberry Anda? Sama donk, saya juga belum pernah. Lho? hihi.. Kalau belum coba simak tips singkat berikut.

Ilustrasinya.. Sebagai Berikut..

Saya punya email kantor dengan kuota 30MB. Email kantor ini saya push ke Blackberry saya. Ketika saya dikantor, tidak akan muncul permasalahan karena email dikantor sudah dibuat “Archiving” setiap hari sehingga kuota tetap lega. Nah, yg jadi masalah ketika lagi keluar kota dan buanyak-bujug-buset-kagak-ada-matinye email yg masuk. Kalau keluar kota-nya seminggu dan milis internal yg saya langgani banyak dan gambare puoolll, maka bisa dipastikan dalam waktu 3 hari mailbox server (outlook) akan penuh kuotanya. Saya sudah coba hapus email-email yg tidak diperlukan. Saya coba hapus dengan opsi “On Mailbox & Handheld” dengan harapan yg di server Mailbox juga kehapus.

PERMASALAHANNYA, ketika semua email yg kita anggap tidak diperlukan tadi sudah dihapus akan tetapi kuotanya TIDAK JUGA menjadi lega? Ternyata email-email tadi walau sudah dihapus dari “inbox” masih tetap nyangkut di folder “deleted item” pada server Outlook sehingga tetap dihitung sebgai kuota. Jadi solusinya gimana?

Nah, solusinya adalah “Purge Deleted Items” seperti yg saya tulis judul thread ini. Tidak hanya email kantor (BES/BIS package) akan tetapi semua email yg didaftarkan pada handheld kita bisa dibuang secara permanent pada servernya. Jadi tidak nyangkut lagi di “Deleted Items” server email yang menyebabkan kuota email cepat habis (biasanya yg punya kuota adalah email kantor seperti email kantor saya, kalau Yahoo! Mail malah gak pake kuota dan Gmail nambah terus kuotanya tiap hari).

Berikut adalah tips bagaimana menggunakan “Purge Deleted Items” dan menjaga agar Email tidak penuh (BIS/BES Package).

1. Delete email-email yg tidak diperlukan. Pastikan ketika mendelete sudah mendelete dari handheld dan server mailbox. Opsi pilihannya harus “Delete On Mailbox & Handheld” jadi tidak hanya di handheldnya aja dihapus.

Untuk membuat opsi pilihannya masuk ke “Messages – tekan lambang blackberry – cari Options – Email Reconciliation” pastikan “Delete On: Mailbox & Handheld” atau kalau mau dikasih warning ketika menghapus pilih yang “prompt”.

2. Email-email yg didelete tadi akan nyangkut di folder “Deleted Items” pada server (INGET, walau dihapus tapi masih ada diserver). Dan ini tidak akan menambah space utk menerima email baru karena statusnya walaupun dihapus dari inbox tapi pada prinsipnya masih memenuhi kuota di server. Yang harus dilakukan adalah “menghapus email dari folder deleted item pada server”

3. Caranya masuk ke “Messages” terlebih dahulu. Kemudian “tekan lambang blackberry – cari Options – pilih Email Reconciliation” seperti skrinsut berikut.

4. Tampilan menu “Email Reconciliation” seperti berikut ini. Tekan lambang blackberry untuk memunculkan menu “Purge Deleted Items”

5. Silahkan pilih layanan email yg akan dibuang secara permanen “deleted items” nya. Kalau dari ilustrasi saya di atas, saya akan memilih email kantor. Tapi skrinsut ini nyorot ke email Yahoo!

6. Pilihan konfirmasi “Yes” atau “No” akan muncul. Pilih “YES” dan email akan dihapus selamanya.

Sebagai catatan : Sebaiknya bener-bener pilih email yang TIDAK PERLU saja. Karena email akan benar-benar terhapus dan tidak akan tertinggal di Mailbox pada Desktop. Do with your own risk tentunya. Alias, kalau silap, salah, gak sengaja, BUKAN tanggung jawab yg nulis tips blackberry ini hihi.. 🙂

Keterangan Gambar : Saya menggunakan email Yahoo! sebagai ilustrasi. Pada dasarnya Yahoo! Mail tidak akan penuh kuotanya, karena kuotanya unlimited. Saya menggunakan fitur “Purge Deleted Items” ini untuk menghapus kalau misalnya ada spam atau email lottery (halah, spam juga ini namanya) yg masuk. Nyimpen di deleted items pun saya gak sudi. DIE SPAMMERS DIE.. hehe..

Itu aja dulu, see ya in the next tips!

One thought on “Purge Deleted Items Blackberry

Leave a Reply

