Fishbone Methode atau Metode Tulang Ikan

TULANG IKAN (fishbone)

Kemarin pagi..

Dari jam 09.00 wib sampai menjelang makan siang saya dan team diskusi tentang “Fishbone Methode” melalui video conference using scopia. Ini salah satu tools untuk office anywhere nya branch bengkulu.

Bektutopik. Iyah diagram buatan tuan Ishikawa (biasa dipanggil Fish-ikawa) belakangan ini lagi trending di kita. Kemarin direview oleh atasan saya dan banyak perbaikan yg harus dilakukan hehe.. 😉

Sejujurnya. Feel so clumsy. Saya agak gamang juga waktu ditanya spv-spv yg luar biasa, dan anjrit cerdasnya, tentang tulang ikan ini. Simple nanyaknya. “Bang, it ussually ends up to define the defects only kan yah? Hanya memetakan defect saja”. Nyang mana saya jg ndak tau “defect” itu apa. Saya fahamnya “empek-empek” haha..

Saya sampaikan kekawan2, “metoda tulang iwak” yg ini sudah melewati paling tidak experiences dilapangan bertahun-tahun dan juga kesimpulan dari berbagai buku yg mana jadinya “complete banget”, siap untuk di delivery.. Means, gak berhenti dimasalah saja tapi wajib ada implementasi & solusinya yg dituju.. ^_^

Sejujurnya kadang malu. Iyah, mendapat pertanyaan cerdas dari kawan-kawan spv dan staf branch bengkulu ini. Bertubi-tubi dan kejam dan sering gak berkepri-manajeran.

Gak kasihan gitu ngajak diskusi tajem & kritis dgn managernya yg gagap dan lambat berfikir kayak saya. Haduh, entahlah, kayaknya bener, saya ndak bisa sanggah kalimat “itu tuh bengkulu bisa bagus karena spv & staf-nya jago & pinter”. Karena memang demikian adanya hihihi..

Bengkulu ini gak akan tumbuh secara business kalau kawan-kawan ndak ada. Kalian, iyah kalian yg ditagging disini, adalah yang TERBAIK!

— walau tentunya bukan yg paling GANTENG.. *ambil sisir*

Semangat pagi semua smart team bengkulu kota broadband & digital.. ^_^

#execute4sumatrab15a
#youreverydaydiscoveries
#tidakadaygkebetulan – with Bambang, Ardee, Dimas [iNyong], Andri T, wahyudanto , Fitri, Rofik, Rebecca, Deddy, ridho, Paino, Gioliano, Meldy, and Nusmir

View on Path

Leave a Reply

