Disruptive Innovation

Dari kemarin bingung.. ๐Ÿ˜‰

Apa sih bahasa Indonesianya untuk “DISRUPTIVE INNOVATION” atau konteksnya padanan kata itu dengan ranah teknologi?

Saya mengerti, yg faham beginian yah begawan wiki. Satu yg saya kenal, karena sama2 di id-gmail, adalah “Ivan Lanin”. Saya coba ajak diskusi uda @ivanlanin di twitter dan apa sih padanan kata yg pas utk istilah ini.

Seperti yg saya sampaikan juga, saya kurang puas dgn kata “Inovasi (yg) Mengganggu”. Maunya “Guncangan Inovasi” atau “Gegar Inovasi”. Karena mengartikannya sebagai “mengganggu” kok kayaknya kurang tepat karena hasil dari inovasi ini seringkali positif. IMHO.

Atau yah prefernya pilihan kedua yaitu “Inovasi Disruptif”. MD dan DM saja dipetukarkan dan diserap.. ^_^

Di penghujung diskusi, uda ivan buatkan tulisan rintisan ini di wikipedia. Yang saya jawab, kalau ada jodoh saya lengkapi hehe.. Kalau lagi rajin maksudnya ๐Ÿ™‚

http://id.m.wikipedia.org/wiki/Inovasi_disruptif

Nyang mau bantu. Silahkan dilengkapi duhai pahters yg cerdas. Pun, kalau mau berdiskusi tentang teorema tuan Christensen disini silahkan juga. ๐Ÿ˜‰

Banyak contoh kali yah tentang bagaimana disruptive mengubah “wajah industry”, selain T-Model nya Ford yg membahana dari rakitan handmade ke pabrikan. Atau bicara tentang itunes eh atau netflix yg urung hadir di endonesia atau apalah.

Feel free to shoot your mind. Ditunggu yah sharingnya. Pertanyaannya disrupt or to be disrupted, dan bisa dipastikan jawabannya akan panjang x lebar.. ^_^

– – with Prasetyo and Utomo

View on Path

Leave a Reply

