4 Alesan Kenapa Kuliah Lagi – Part One

4 ALESAN KENAPA KULIAH LAGI – Part One

Melanjutkan kuliah strata-dua (S2) itu ndak gampang. Yeah rite, yg udah lewati ini pasti bernada sama. Memang beneran consume waktu dan energi banget. Beruntung istri saya faham dan terus ngasih semangat.

Seperti yg saya sampaikan ke Pak Nanta (EGM Telkom Sumatera) ketika berkunjung ke Bengkulu. Saya ikutan kuliah untuk upgrade ilmu dan wawasan bukan jg untuk karir. Ghalibnya Telkom people cerdas banget kalau tak lihat.

Seminimalnya dari beberapa resonansi yg saya dapatkan. And be candor, it makes me envy, buat jealous.. 😍

Okeh, ndak menjawab kenapa saya memutuskan untuk kuliah. Ada 4 alesan sih sebenernya.

1# BERTERIMAKASIH

Saat ini saya “terlanjur” jadi manager. Nyang mana kok kalau berinteraksi hari ini kayaknya masih ndak pantes duduk dikursi ini. Faham banget pada siapa saya harus berterimakasih. Iyah, selain kepada Tuhan.

Makanya saya usahakan banget supaya layak duduk dikursi yang seringnya nutup kuping ini untuk mendengar dan posisi ini sangat bisa menyuburkan ego. Melayak-layakkan diri karena sudah dipercaya sama yg “ngasih kepercayaan” itu tadi.

Iyah bukan bales budi juga, karena yakin yg mempercayai saya untuk jadi manager ndak pamrih. But, seminimalnya saya bisa “berterimakasih” dengan memantaskan diri dan belajar tentang Business & Management Telco supaya ndak buat malu. Makanya Telkom-University lah yg dipilih.. ^_^

Makasih bu Filin, bang Jack, dan Pak Syawal, awak izin kuliaaaahhh.. 🙏😍

2# EKSEKUSI DITIAP LEVELNYA

Secara eksekusi bisa dibilang lumayan, yah walau ndak bisa dibilang mapan. Soalnya since the first day joined Telkomsel jadi eksekutor lapangan teros. And today, tech-things makes everything changes rapidly. Disruptive apa saja, kapan saja, dan dimana saja. Kalimat “rapidly” ini yg sering mengganggu fikiran saya.

Pertanyaan sejuta dollarnya adalah: SEBERAPA CEPAT sih saya bisa berubah dalam hal eksekusi mengikuti perubahan di organisasi yg sangat teramat dinamis ini. Everyone changed but me. Itu kalimat yg paling dikhawatirkan disaya hihi..

As written in Pak Andi Kristianto’s Deck about “Exceeding Expectations” agar sukses didunia kerja salah satunya adalah “Make your company more competitive”. Dengan ide, kreatifitas, dan insight dari kita.

https://andikristianto.wordpress.com/2011/10/24/beda-mendasar-cara-sukses-di-sekolah-dan-di-karir/

Bagaimana mungkin “ide, kreatifitas, dan insight” bisa dieksekusi kalau ndak mampu melakukannya dengan cepat. Membaca banyak buku “Marketing Nowadays” sih bisa, tapi dapet alignmentnya itu yg saya fikir wajib ekot kuliahan.

Back to eksekusi. Eksekusi tentu saja menjadi kunci, tapi kayak Drucker bilang “terapan eksekusi ditiap level mangement berbeda”. TETAP EKSEKUSI juga kuncinya, but somehow it is different ditiap levelingnya. Agak khawatir saya salah menangkap GAP ini dan gejala ini.

Walau kadang symptoms sometimes leads to nothing. But, mending nothing tapi faham daripada ndak pernah faham sama sekali kan yah? Apapun, walau keliru selalu punya pelajaran dibaliknya kan yah?

Ituh dulu guys, alesan ke-3 dan ke-4 akan dilanjutkan besok, lagi didrafting.. ^_^

UPDATE, silahkan baca KENAPA MEMUTUSKAN KULIAH – Part 2

– – with syawal, Jackson, Andi, Teuku, and Filin

View on Path

One thought on “4 Alesan Kenapa Kuliah Lagi – Part One

Leave a Reply

