Alibaba & Fighting Counterfeiters

(Jack Ma, Alibaba’s Owner, Picture From Apple Magazine US)

Ah iyah, terkait Alibaba. Janganlah kita ya guys. Semuanya pada bingung. Soalnya tuan Ma juga bingung. Saya mau jawab apa. Soalnya masa depan Alibaba ya tergantung menang tidaknya ngelawan tuduhan “pemalsuan”.

Kalimat “hanya 37% saja produk yang dijajakan di Alibaba adalah produk genuine, sisanya fake dari brand terkenal” bisa jadi tidak berdasar. Tidak beralasan. Dan iyah, Jack Ma bisa menjelaskan dengan data. Bukan mereka ndak berusaha lho.. πŸ˜‰

Alibaba Says Its Future Depends On Fighting Counterfeiters

Kalimat dibawah ini, artinya yah mereka sudah mencobanya.. πŸ˜‰

______
“Our anti-counterfeiting system is now processing 100 million pieces of data per second,” he said. β€œWe’re talking about 8.64 trillion pieces of data each day. In 2015, we were able to block and proactively take down around 120 million suspicious product listings on Taobao. That’s before any of you asked us to do anything.”
______

Well, kalau saya sih ngelihatnya 37% bisa jadi kebanyakan, bisa jadi kurang dari itu hihi.. Soalnya yah, ini China loah.. Yang selalu ilmu ATM nya tinggi banget. Kalau slogannya “better & CHEAPER” ndak bisa disematkan means itu bukan merek china.

Eventhough ndak “better” tapi sangat bisa berterima karena “cheaper” nya ndak pernah failed. Kok bisa cheaper? Yah semuanya sudah pada fahamlah, salah satu faktornya karena upah buruhnya hyper super duper rendah.

Kebayang dari 7.2 Melyar penduduk planet ini, almost 19% atau 1.3 Melyar jiwa ada di china. Gimana kompetitifnya industri disana. Ngerakit chang-hong kalau boleh nuduh itu kelasnya hanya home industry disana.

Iyah, industri rumahan kayak ibu saya dulu, Pegawai Ngeri, yang tiap pagi buat kue pisang goreng, risole, dan bakwan untuk dijual ke kedai sampah sekitar kompleks perumahan. Ndak usah dibayangkan kayak industri pabrikan yang selama ini kita fahami wkwkkw..

Dan iyah, dengan sistem pemerintahan republik yang, nganu eng nganu, sebenernya kapitalis tapi ngakunya komunis itu apa yang bisa diharapkan hihi.. ✌️😁

Apapun, saya pribadi salut sama tuan Jack Ma atau Ma Yun. Soalnya, when china say no to google dipenghujung 2009. Perusahaan tech tandingan bermunculan dari china. Bukan apalah, kalau modalnya saja sudah besar (1.3 melyar jiwa) yah wajib berani!

Gitu kali yah.. Just shoot your comment guys.
Ada yang mau nambahkan atau mau ngurangi, dipersilahkan.. πŸ™πŸ˜

*siap2tarekselimut

– – at Medan

View on Path

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s