Pernah guys..

Iyah, pernah waktu saya sedang ngajari bang Tala, my son 10 yo, pelajaran matematika. Si abang nanya ke saya:

"Pah, abang gak suka belajar sudut-sudut ini, abang sukanya hitung pecahan aja. Bisa gak yah pah besok ujiannya tentang pecahan saja?" Dia nyengir. Saya diem.

Well, saya orang tua yang gamang ini hampir saja marah. Soalnya saya faham ada 6 chapter yang harus dikuasai si abang malem itu untuk bisa menjawab soal-soal ujian besoknya. Kalau dia ndak faham bagaimana dengan nilainya nanti?

AKAN TETAPI, karena saya fikir anak-anak ndak bisa dipaksa jadinya saya coba senyum. Urung untuk marah. Saya jadinya malah teringet sama meme nyindir sistem pendidikan dimana gambarnya "ikan diminta untuk manjat". Bukan kemampuannya malah dipaksa. Absurd. 😍

Kefikiran. Benar memang seperti yang disampaikan dibanyak kajian, dari dini sudah harus diajarkan apa yang menjadi minat anak. Bahkan saya perhatikan banyak asuransi buat demo gratis mendeteksi minat anak dengan "finger print analysis". Biar kebaca dari kecil ini anak minatnya apa.

Saya setuju dengan mengawal bakat anak. Dan saya juga punya pemikiran semua anak harus belajar semuanya diawal. Dia harus punya basic knowledge yang kuat supaya nanti mendukung minat & bakatnya tadi.

Yang jangan itu adalah "memaksakan" si anak harus apa. Kita sebagai orang tuanya mengarahkan sih boleh saja, soal nanti pilihan anaknya itu apa yah diserahkan ke anaknya. Akan tetapi keilmuan dasar-nya sudah dipersiapkan dengan mateng.

Yah, apapunlah guys. Walau saya dan istri belajar sebagai orang tua-nya masih pakai sistem tambal sulam (kadang masih sering salah juga) TAPI seperti orang tua lainnya selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anak-anak.

That's all parents. SELAMAT HARI ANAK SEMUANYA. Semoga faham kalimat Gibran "Anakmu bukanlah anakmu". Anak kita bukan milik kita, mereka adalah jiwa-jiwa milik masa depan. Demikian. 🙏😍

Leave a Reply

